get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ketahui Manfaat Oralit Untuk Semua Kalangan Usia, Bantu Atasi Diare!

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 08:37 WIB
header img
Manfaat Oralit Untuk Semua Kalangan Usia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Oralit adalah campuran air dan garam yang biasanya diminum untuk mencegah atau menangani dehidrasi. Cairan ini juga dikenal dengan sebutan Oral Rehydration Salt (ORS). Ketahui manfaat oralit untuk semua kalangan usia bantu atasi diare. Ketahui manfaat oralit untuk semua kalangan usia.

Salah satu manfaat oralit yang krusial ialah mengembalikan cairan yang hilang karena dehidrasi pada balita atau orang-orang yang memiliki risiko mengalami kondisi itu.

Sebelum oralit diterapkan UNICEF dan WHO pada akhir tahun 70-an, diare dan disentri dianggap sebagai kondisi yang bisa mengancam nyawa. Kedua penyakit ini sudah menyebabkan kematian banyak balita. Tetapi, oralit diklaim mampu menyelamatkan jutaan nyawa balita setiap tahunnya sejak 1990.

Manfaat oralit untuk Kesehatan

Manfaat oralit umumnya berkaitan dengan kemampuan cairan ini dalam merehidrasi tubuh. Oleh karena itu, oralit umumnya diberikan sebagai pertolongan pertama pada dehidrasi.

Berikut adalah sejumlah manfaat oralit untuk anak-anak dan orang dewasa.

1. Menurunkan risiko kematian karena diare pada bayi dan balita

Diare dan disentri sebagai dua gangguan pencernaan yang membuat seseorang buang air besar berkali-kali. Kondisi ini sangat berbahaya, khususnya pada bayi dan balita, dan berisiko menyebabkan kematian.

Dalam dosis yang tepat, oralit mampu dengan cepat menggantikan cairan yang hilang. Sehingga, manfaat oralit ini bisa menurunkan risiko kematian pada bayi dan balita karena dehidrasi yang karena diare dan disentri.

2. Mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang

Salah satu manfaat oralit yang paling utama untuk meningkatkan kadar kalium dan natrium di dalam tubuh. Kedua zat itu bisa membantu usus untuk menyerap lebih banyak cairan.

Dengan begitu, tubuh bisa menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang lebih cepat karena diare, muntah, atau penyebab yang lain.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut