get app
inews
Aa Read Next : 6 Sungai Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi 

4 Sungai Terdalam di Dunia yang Wajib Diketahui, Unik dan Indah!

Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:45 WIB
header img
Sungai Terdalam di Dunia. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Sungai merupakan salah satu kekayaan alam yang sering ditemukan di permukaan bumi. Sungai memiliki ragam manfaat untuk kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Dari banyaknya sungai di bumi ini ada beberapa sungai terdalam di dunia dengan pemandangan yang indah dan unik.

Sungai sebagai aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir, sungai berperan penting dalam siklus kehidupan. Mulai dari pembentukan habitat dan ekosistem, sampai berproses dalam terjadinya siklus air yang menjadikan hujan.

Sungai mempunyai berbagai bentuk dan bermacam-macam kedalaman. Berbicara tentang sungai terdalam, ada 4 sungai paling dalam di dunia.

4 Sungai Terdalam di Dunia

1. Sungai Danube

Sungai Danube berhulu dari Jerman lalu melintasi beberapa negara di Eropa Timur dan melewati beberapa Ibu Kota Negara, di antaranya Wina, Budapest, Beograd, dan Bucharest. Sungai ini bermuara di perbatasan Romania dan Ukraina yang tepatnya Laut Hitam.

Kedalaman sungai Danube diperkirakan mencapai 178 meter. Sungai Danube sebagai sungai kedua yang terpanjang di Eropa setelah Sungai Volga.

2. Sungai Kongo

Sungai Kongo merupaan sungai terdalam di dunia saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 220 meter. Sungai yang terletak di di Republik Demokratik Kongo ini, menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia mencapai 4.700 km. Sungai ini memiliki sumber pada patahan benua Afrika dan sebagai sumber pokok pengairan Republik Demokratik Kongo.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut