get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

7 Manfaat Rebusan Daun Sirih Bagi Kesehatan Wanita, Hasilnya Menakjubkan!

Senin, 24 Oktober 2022 | 10:38 WIB
header img
Manfaat Rebusan Daun Sirih. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Daun sirih adalah daun yang umum digunakan di India. Walau tujuan utamanya sebagai penyegar mulut, banyak orang mendapat manfaat rebusan daun sirih bagi kesehatan, mulai dari mengatur kadar glukosa, menurunkan kolesterol, dan melindungi jantung.

Daun sirih adalah daun herbal yang umum untuk pengobatan alami. Bentuknya seperti hati dan berwarna hijau tua. Daun sirih berasal dari keluarga tanaman Piperaceae dan digunakan sebagai penyegar mulut yang populer di India. Daun sirih disebut paan.

Daun sirih sarat dengan gizi dan sangat baik untuk kesehatan karena mengandung nutrisi penting. Daun sirih per 100 gramnya, ada 1,3 mikrogram yodium, 1,1-4,6 mikrogram kalium, 1,9-2,9 mikrogram vitamin A, 13-0 mikrogram vitamin B-1, 1,9-30 mikrogram vitamin B-2, dan 0,63-0,89 mikrogram asam nikotinat.

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Kamu dapat megonsumsi daun sirih secara langsung atau dalam rebusan untuk berbagai masalah kesehatan.

1. Baik untuk Penderita Kanker

Daun sirih memiliki senyawa anti kanker dan jumlah fitokimia yang tinggi. Dua senyawa ini baik untuk membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun herbal ini membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas yang penting untuk pencegahan kanker.

2. Bagus untuk Penderita Diabetes

Diabetes ialah penyakit umum yang bisa disembuhkan dengan obat herbal seperti daun sirih. Manfaat rebusan daun sirih bisa membantu mengurangi kadar glukosa secara keseluruhan dalam darah dan bagus untuk penderita diabetes tipe 2.

3. Melawan Infeksi karena Bakteri

Minyak atsiri yang alami ada dalam daun sirih bersifat anti bakteri yang bisa melawan infeksi karena bakteri. Daun sirih dipenuhi dengan fenolik dan fitokimia yang efektif melawan bakteri.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut