get app
inews
Aa Read Next : 5 Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Nomor 5 Capai 48.000 km Loh!

4 Pusaran Air Laut Terbesar dan Terkenal di Dunia, Penuh Misteri!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:34 WIB
header img
Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Beberapa air laut di dunia memiliki pusaran yang berbahaya dan penuh misteri, oleh karena itu jika melintasi pusaran laut agar berhati-hati. Ada empat pusaran air laut terbesar dan terkenal di dunia yang penuh dengan misteri.

Pusaran air laut yang besar mampu menenggelamkan kapal-kapal besar yang lewat di dekatnya. Pusaran air terbentuk saat dua arus yang berlawanan bertemu, dapat sangat kuat dan ada yang kekuatannya kecil sekali.

Di lautan, pusaran air terutama disebabkan oleh pasang surut dan mampu menenggelamkan kapal berukuran besar. Pergerakan air yang mempunyai downdraft disebut sebagai Vortex dalam istilah yang tepat. Berikut pusaran air terbesar dan terkenal di dunia.

4 Pusaran Air Laut Terbesar dan Terkenal di Dunia

1. Pusaran Old Sow

Pusaran Old Sow atau penabur tua adalah pusaran air terbesar di lepas pantai Pulau Rusa di New Brunswick, Kanada. Ungkapan "Tabur Tua" diperoleh dari suara seperti babi yang dibuat oleh pusaran air Old Sow.

Pusaran ini dibentuk oleh pasang surut ekstrem yang menyeabkan pertukaran air antara Teluk Fundy dan Teluk Passamaquoddy dan dipercepat oleh topografi dasar laut yang tidak biasa di daerah itu. Pusaran air terbentuk di daerah dengan diameter sekitar 76 meter.

Turbulensi air yang luar biasa terjadi secara lokal di wilayah Old Sow yang lebih besar, sering kali membuat area besar dengan beberapa turbulensi yang menarik. Aktivitas pusaran air Old Sow dipengaruhi oleh berbagai arus dan arus balik termasuk gelombang pasang, badai, dan angin kencang.

2. Pusaran Corryvreckan


Pusaran Corryvreckan. (iNews.id)

Pusaran air ini berada di bagian utara teluk Corryvreckan, Skotlandia, dan mengelilingi puncak berbentuk piramida. Pusaran Air Corryvreckan diyakini tidak dapat dilayari oleh banyak orang dan secara resmi diklasifikasikan sebagai tidak dapat dilayari karena sangat kuat.

Teluk Corryvreckan adalah selat yang terletak di antara pulau Jura dan Scarba, Skotlandia. Topografi bawah laut daerah itu dan arus Atlantik yang kuat berkonspirasi untuk menciptakan gelombang pasang surut yang kuat.

Saat air pasang memasuki selat, arus memercepat dan memenuhi berbagai fitur dasar laut seperti lubang yang dalam dan pucuk yang naik. Fitur-fitur itu bersatu untuk membuat pusaran air Corryvreckan.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut