get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Diri Bagi Remaja Dengan Benar dan Tepat

5 Kebiasaan Menghemat Uang di Usia Muda, Masa Depan Cerah!

Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:26 WIB
header img
Kebiasaan Menghemat Uang di Usia Muda. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jika kamu merasa kesulitan menghemat uang sebagai remaja, kamu tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberitahukanmu lima kebiasaan yang bisa membantumu menghemat uang. Ada lima kebiasaan menghemat uang di usia muda agar masa depan cerah. Apa kebiasaan-kebiasaannya? Yuk, simak daftarnya!

5 Kebiasaan Menghemat Uang di Usia Muda

1. Menabung

Cara yang klasik, tetapi menabung memang baik dilakukan untuk menghemat dan menyimpan uang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menabung uang.

Kamu dapat telah menetapkan kategori tabungan di anggaranmu, dapat dengan cara menabung uang kembalian belanjaan, dapat dengan menyimpan kelebihan uang yang diberikan orang tua, atau dapat menabung uang yang kamu dapatkan sendiri.

Ada banyak tempat untuk menabung. Jika kamu mampu, kamu dapat membuka rekening dan menabung di situ. Kamu bisa juga menggunakan cara yang umum, yaitu menabung di celengan. Saat ini juga tersedia banyak buku binder yang khusus dibuat untuk menabung uang sekaligus menjadi tempat mencatat keuangan.

2. Mencatat keuangan secara reguler

Pencatatan keuangan tidak hanya dilakukan orang dewasa. Kamu sebagai remaja pastinya perlu mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Gunanya ialah agar kamu bisa mengetahui dengan jelas sumber-sumber pendapatanmu dan apa pengeluaranmu.

Pencatatan keuangan yang baik harus dilakukan secara reguler, paling sedikit sebulan sekali. Kamu dapat mencatat hal-hal mendasar, seperti pengeluaran untuk jajan, pengeluaran saat pergi berjalan-jalan, pengeluaran untuk hadiah, dan untuk membeli paket.

Kamu dapat melakukan pencatatan secara tertulis menggunakan buku atau secara digital menggunakan bantuan aplikasi di handphone atau tabel pada Excel.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut