get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Diri Bagi Remaja Dengan Benar dan Tepat

5 Kebiasaan Menghemat Uang di Usia Muda, Masa Depan Cerah!

Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:26 WIB
header img
Kebiasaan Menghemat Uang di Usia Muda. (okezone.com)

3. Menetapkan budget


Kebiasaan Menghemat Uang. (okezone.com)

Setelah tahu jumlah pemasukan dan kebutuhanmu, baru kamu dapat menetapkan budget atau anggaran. Umumnya budget terbagi-bagi dalam bentuk persentase ke beberapa kategori seperti uang untuk jajan, uang untuk ditabung, dan uang untuk beramal. Kamu dapat menyesuaikan kategori dan persentasenya sesuai kebutuhanmu.

Sebaiknya, kamu tetapkan budget dalam waktu bersamaan dengan masa pencatatan keuanganmu. Itu agar kedua-duanya sinkron dan sama tercatat secara reguler.

Jangan lupa selalu untuk melihat kalender dan update dengan beberapa kegiatan yang akan datang, ya! Agar kamu dapat menetapkan budget yang sesuai dengan janjimu bepergian bersama teman, kebutuhanmu membeli barang, dan waktu perayaan orang-orang terdekat.

4. Bijak dalam berbelanja

Setiap kamu ingin belanja, penting untukmu berhenti sejenak dan menanyakan diri beberapa pertanyaan. Apa kamu benar-benar butuh barang itu? Apa harganya sesuai dengan anggaranmu? Apa kamu sudah punya barang yang mirip?

Kamu juga harus ingat jika beberapa barang tidak harus dibeli dalam kondisi baru agar bisa dinikmati. Karenanya, kamu dapat membeli barang-barang preloved yang masih dalam kondisi bagus untuk menghemat uang.

Kamu bisa juga meminjam atau saling bertukar barang dengan temanmu. Sekarang banyak juga diskon pelajar yang dapat kamu manfaatkan untuk menghemat uang.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut