get app
inews
Aa Read Next : 5 Gaya Hidup Sehat Agar Tubuh Lebih Berstamina, Patut Dicoba!

5 Cara Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif Dijamin Ampuh

Rabu, 02 November 2022 | 07:24 WIB
header img
Cara Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif. (okezone.com)

2. Susun kebutuhan prioritas

Langkah awal untuk menjauhi gaya hidup hedon dengan membuat daftar kebutuhan prioritas. Buatlah daftar prioritas itu kemudian tanamkan dalam pikiran jika kamu harus lebih memprioritaskan hal itu daripada lainnya.

Jadi saat timbul hasrat membeli suatu hal di luar kebutuhan, kamu bisa lebih berpikir panjang, apa barang itu masuk daftar prioritas kebutuhan atau hanya keinginan belaka.

3. Berpikir realistis


Gaya Hidup Konsumtif. (okezone.com)

Bila kamu membeli barang yang didasarkan pada keinginan tanpa memahami betul apa kebutuhannya, itu sebagai perilaku konsumtif.

Membeli barang hanya berdasarkan hasrat atau keinginan tanpa tidak tahu kebutuhannya akan menghabiskan uang kamu. Bila ingin membeli barang sebaiknya pikir terlebih dahulu apa barang itu sebagai kebutuhan kamu atau tidak.

4. Kurangi cuci mata

Jalan-jalan atau cuci mata sekarang tidak hanya dapat dilakukan di mal. Semenjak pandemi ini godaan belanja online lebih besar karena tidak butuh usaha banyak saat belanja.

Tetapi justru ini dapat memicu gaya hidup hedon, niat awalnya hanya sekedar cuci mata virtual, banyak lho yang berakhir dengan checkout belanjaan. Sebenarnya bisa saja belanja online, asalkan barang itu sebagai kebutuhan bukan sekedar iseng dibeli karena lucu atau diskon.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut