get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru, Cek Disini!

Minggu, 06 November 2022 | 13:42 WIB
header img
Penyebab Mobil Susah Distarter. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mobil yang tidak dapat distarter dapat mengindikasikan ada masalah pada elemen mesin. Penyebab mobil susah distarter nyatanya tidak melulu soal aki. Kondisi aki yang baru sekalipun dapat mengalami hal itu. Karena, ada komponen lain yang juga bisa menjadi pemicunya.

Dalam banyak kasus, mobil yang susah distarter dipicu oleh kondisi aki yang mengalami drop alias soak. Aki soak tidak bisa mencukupi kebutuhan kelistrikan yang diperlukan pada saat mobil distarter. Lalu, bagaimana bila aki masih baru tapi mobil Anda tetap tak ingin distarter?

Dilansir dari laman Motor and Wheels, berikut lima penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru yang mungkin terjadi pada mobil Anda.

5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru

1. Masuk angin

Untuk pengguna mobil bermesin diesel, masalah utama yang mungkin terjadi di saat mobil susah distarter meski aki masih baru adalah masuk angin. Istilah masuk angin ini ialah kondisi udara yang terperangkap dan masuk ke saluran bahan bakar mobil.

Karena bahan bakar yang masuk menjadi berkurang karena tercampur udara, karena itu proses pembakaran tidak bisa optimal sehingga mengakibatkan mesin mobil bermesin diesel menjadi susah untuk distarter.

2. Masalah pada busi

Selain aki, busi menjadi salah satu penyebab khusus mobil susah untuk distarter. Jangankan rusak, busi yang kotor saja dapat dipastikan akan membuat kinerja pembakaran pada mesin mobil tidak dapat maksimal.

Busi yang kotor akan menghambat percikan api yang dihasilkan busi untuk pembakaran di mesin mobil. Kotornya busi ini dapat disebabkan karena buruknya kualitas bahan bakar yang digunakan. Selain kotor, busi memiliki usia pakai yang harus selekasnya diganti bila sudah tak layak lagi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut