get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru, Cek Disini!

Minggu, 06 November 2022 | 13:42 WIB
header img
Penyebab Mobil Susah Distarter. (okezone.com)

3. Koil tidak berfungsi


Ilustrasi Mesin Mobil. (okezone.com)

Penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru berikutnya adalah koil yang tidak berfungsi dengan maksimal.

Koil pada mobil berfungsi untuk menggandakan tegangan arus listrik dengan jumlah yang sangat besar menuju ke aki. Koil akan memutus aliran listrik dengan tiba-tiba untuk menghasilkan percikan api pada busi.

Terdapat beberapa indikasi yang menandakan bila koil ini sudah waktunya untuk diganti. Selain susah distarter, tenaga yang terasa loyo, dan mobil tiba-tiba mati sendiri di saat suhu mesin panas adalah tanda komponen koil telah rusak.

4. Bahan bakar yang tidak lancar

Masalah terakhir sebagai penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru adalah aliran bahan bakar yang tidak lancar. Ini menyebabkan bahan bakar itu tak dapat didistribusikan dengan sempurna dari tangki ke mesin mobil.

Jika mobil sulit distarter dalam kondisi dingin, karena itu yang terjadi ialah pompa bahan bakar atau fuel pump yang sudah melemah. Selain fuel pump, kondisi ini akan sering terjadi bila Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan atau RON yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

5. Alternator rusak

Masalah berikutnya adalah rusaknya alternator alias dinamo. Alternator sebagai salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik menuju ke aki. Jadi, meskipun aki mobil Anda baru, tetapi bila alternator ini rusak akan membuat mobil susah untuk distarter.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan alternator ini rusak. Selain faktor usia, memasang aksesori yang memerlukan energi listrik berlebihan pada mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab alternator mobil ini cepak mengalami kerusakan.

Itulah penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut