get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak usia Dini

5 Cara Perawatan Gigi Tonggos Dengan Benar dan Tepat

Jum'at, 25 November 2022 | 13:42 WIB
header img
Cara Perawatan Gigi Tonggos. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi tonggos, beberapa penyebabnya adalah karena kebiasan saat kecil. Agar tidak terjadi kerusakan gigi yang lebih serius, maka gigi tonggos perlu dirawat dengan baik.

Perlu perawatan secara teratur agar gigi tidak rusak dan selalu terjaga. Untuk itu merawat gigi sangat penting dilakukan sejak dini, hal ini dilakukan agar tidak menyebabkan gigi tonggos. 

Perawatan Gigi Tonggos

Perawatan gigi tonggos ini dilakukan bukan dengan tujuan memundurkan gigi yang maju. Namun, untuk menghindari kerusakan yang lebih serius. Berikut cara perawatan gigi yang tonggos, yaitu:

 1. Menyikat Gigi dengan Rajin

Perawatan gigi yang paling umum adalah menyikat gigi dengan rajin setiap hari. Pastikan untuk selalu menyikat gigi dengan teknik yang benar dua kali dalam sehari. Menyikat gigi tidak perlu dilakukan keras-keras, karena khawatir akan melukai gigi. Cara menyikat gigi yaitu dengan mengayunkan sikat gigi dengan perlahan ke seluruh permukaan gigi tanpa ada bagian yang terlewat.

Pasta gigi yang baik adalah pasta gigi dengan kandungan flouride. Pasta gigi yang mengandung fluoride bisa melindungi serta menjaga kekuatan enamel gigi secara efektif.

2. Membersihkan Gigi Menggunakan Benang Gigi atau Flossing

Tidak hanya menyikat gigi saja, untuk perawatan gigi tonggos Kakak perlu membersihkan gigi menggunakan dental floss. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa makanan dan plak pada gigi sampai bersih.

Dental floss atau benang gigi mampu membersihkan garis gusi serta bagian sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Cara perawatan gigi dengan flossing yaitu gesekkan dental floss di sela-sela gigi secara perlahan. Gesekan benang yang terlalu keras bisa mengakibatkan gusi terluka dan berdarah.

3. Berhenti Merokok

Salah satu faktor penyebab berbagai masalah mulut dan gigi adalah merokok. Orang yang merokok dapat mengalami periodontitis dua kali lebih besar, dibandingkan orang yang tidak merokok. 

Periodontitis merupakan infeksi yang menyerang bagian gusi. Apabila kondisi tersebut dibiarkan maka Kakak bisa mengalami kerusakan gigi yang lebih parah gigi. Oleh karena itu, supaya gigi tonggos bisa terhindar dari berbagai kerusakan gigi dan mulut lebih baik untuk berhenti merokok. Selain itu, berhenti merokok memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut