get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Agar Main Game Tidak Lag di Android, Gampang Banget!

Cara Menggunakan Flashdisk OTG Di Android Dengan Tepat

Minggu, 27 November 2022 | 13:39 WIB
header img
Cara Menggunakan Flashdisk OTG di Android. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hai Kak, apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Kali ini saya akan membahas topik yang berhubungan dengan teknologi, yakni cara menggunakan flashdisk OTG di Android. Pasti kepo, kan? Yuk, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Seiring perkembangan teknologi, USB bukan hanya dipakai di laptop atau PC saja. Kakak juga bisa menyambungkan USB ke smartphone atau tablet dengan memakai flashdisk OTG.

OTG merupakan spesifikasi standar koneksi USB yang memungkinkan perangkat bisa membaca data koneksi USB tanpa laptop atau PC. Bagaimana cara menggunakannya? Ada beberapa cara yang akan dibahas di artikel ini.

Cara Menggunakan Flashdisk OTG di Android Terbaru

1. Cara Memasang Flashdisk OTG di Android

Harus Kakak tahu jika tidak semua Android bisa kompatible dengan USB OTG. Sebelum menerapkan cara pemakaian flashdisk OTG, cari tahu dulu apakah perangkat Android yang digunakan sudah kompatible atau belum.

Untuk mengetahuinya, lihat di bagian kotak handset atau spesifikasi di website produsen. Setelah yakin perangkat sudah kompatible dengan flashdisk OTG, harus membeli kabel OTG terlebih dahulu. Harganya tidak mahal, sekitar Rp 50 ribu saja. Disarankan membawa ponsel Android saat membeli USB OTG.

Pasalnya, akan memudahkan pengguna jika ingin langsung mencolokkan kabel USB OTG ke port di perangkat. Ingat, setiap port Android punya bentuk yang berbeda-beda. Untuk itulah, supaya bisa berjaga-jaga, disarankan membawa perangkat Android yang digunakan saja.

Setelah mendapat kabel USB OTG, Kakak bisa menghubungkan kabel ke perangkat. Siapkan USB yang isinya data seperti video, gambar, lagu, atau sebagainya. Setelah itu, ikuti cara menggunakan flashdisk OTG di Android berikut:

  1. Hubungkan flashdisk OTG ke USB flash drive yang telah terkoneksi ke perangkat masing-masing.
  2. Buka aplikasi File Manager yang umumnya sudah ada di perangkat Android masing-masing pengguna.
  3. Jika aplikasi File Manager tidak ada di perangkat, ada baiknya menginstall terlebih dahulu di Play Store.
  4. Kakak cukup mengetikkan keyword File Manager di Play Store dan menentukan salah satu aplikasi yang ingin dipasang di Android saja.
  5. Cari nama USB Flash di File Manager.
  6. Nama USB bisa berbeda untuk setiap perangkat yang digunakan, contohnya perangkat Android Asus mempunyai nama Removable/USBdisk1.
  7. Coba buka atau salin file di USB ke smartphone atau tablet.
  8. Jika berhasil, biasanya file terbuka seperti biasa.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut