get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Panduan Menjaga Kesehatan Sendi agar Bebas dari Risiko Osteoarthritis

Senin, 02 Januari 2023 | 13:27 WIB
header img
Panduan Menjaga Kesehatan Sendi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Seiring dengan pertambahan umur, keadaan kesehatan badan makin menyusut serta sering merangsang timbulnya penyakit degeneratif yang menimbulkan kendala terhadap guna organ ataupun anggota badan.

Perihal ini tidak cuma jadi hambatan untuk pengidapnya dalam melaksanakan kegiatan tiap hari, tetapi pula bisa merendahkan produktivitas serta merendahkan mutu hidup pengidapnya.

Salah satu penyakit yang sering terjalin bersamaan dengan pertambahan umur ialah osteoarthritis, oleh karena itu diperlukan panduan menjaga kesehatan sendi.

Osteoarthritis ialah penyakit degeneratif dimana infeksi kronis pada sendi yang diakibatkan kehancuran tulang rawan. Keadaan ini terjalin kala tulang rawan yang ialah bantalan pelindung tulang kehabisan elastisitasnya.

Dampaknya, terjalin gesekan antar tulang yang buatnya lebih rentan hadapi kehancuran serta menimbulkan radang sendi. Osteoarthritis dapat melanda seluruh sendi, namun keadaan ini sangat kerap terjalin di sendi- sendi jari tangan, lutut, pinggul, serta tulang punggung.

Bersumber pada informasi dari Studi Kesehatan Bawah( Riskesdas) tahun 2018, angka peristiwa penyakit sendi di Indonesia menggapai 3, 1 persen pada umur 25- 34 tahun serta bertambah pada umur 35- 44 tahun, ialah sebanyak 6, 3 persen, 15 persen pada umur 45- 54 tahun, dan 15, 5 persen pada umur 55- 64 tahun.

Ada pula keluhan perih ini sangat kerap nampak pada perempuan pasca menopause, spesialnya umur lebih dari 50 tahun, semacam yang tercatat di Riskesdas 2018 kalau angka peristiwa penyakit sendi pada perempuan menggapai 8, 5 persen.

Ada pula indikasi universal yang dirasakan pengidap osteoarthritis antara lain perih dikala memakai sendi, perih sendi terasa memburuk pada malam hari, pada pagi hari sendi terasa kaku, pembengkakan pada zona sendi, sendi berbunyi dikala digerakan, dan munculnya potongan tulang ekstra berupa tonjolan.

Lebih lanjut ia meningkatkan kalau perih sendi pula bisa diatasi dengan non farmakologis ialah dengan metode merendahkan berat tubuh, kurangi kegiatan yang sangat berat, pula menjauhi sedentary lifestyle.

5 Panduan Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas dari Resiko Osteoarthritis

Berikut ini merupakan panduan lengkap yang bisa dicoba buat menjaga kesehatan sendi supaya bebas dari resiko osteoarthritis:

1. Melindungi berat tubuh supaya tetap ideal

Berat tubuh berlebih bisa jadi beban serta berikan tekanan pada sendi lutut sampai tingkatkan resiko osteoarthritis. Hingga berarti buat melindungi bentuk badan badan senantiasa sempurna.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut