get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Selasa, 03 Januari 2023 | 07:42 WIB
header img
Manfaat Daun Beluntas. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Manfaat daun beluntas untuk kesehatan telah dikenali semenjak beberapa ratus tahun lalu. Karena kandungan beragam bahan aktif didalamnya, daun beluntas sudah sering dipakai sebagai obat tradisionil di sejumlah negara Asia Tenggara, khususnya Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

Faedah daun beluntas (Pluchea indica (L.) Less) tidak perlu disangsikan kembali. Daun berwujud gerigi ini sebagai salah satunya tanaman herbal bermanfaat tinggi yang dipercaya sanggup menyembuhkan beragam jenis penyakit akut.

Daun beluntas tersering dimakan dengan direbus atau dibikin sebagai teh. Teh herbal atau jamu dari daun beluntas telah banyak dipasarkan dan cukup terkenal dimakan sebagai minuman kesehatan.

5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun beluntas tidak lepas dari nilai nutrisi didalamnya yang berlimpah. Konsentrat daun ini dijumpai memiliki kandungan serat, kalsium, beta karoten, dan bermacam tipe anti-oksidan, seperti asam klorogenat, asam kafeat, quercetin, dan flavonoid, yang bagus untuk kesehatan badan.

Tidak itu saja, daun beluntas dipandang mempunyai manfaat sebagai antiradang, antibakteri, antikanker, dan penurun ngilu alami. Manfaat-khasiat ini disokong oleh beragam kandungan senyawa bioaktif didalamnya.

Berikut beberapa manfaat daun beluntas untuk kesehatan:

1. Mengatur kandungan gula darah

Salah satunya manfaat daun beluntas yang cukup populer untuk turunkan kandungan gula darah dan mengawasinya masih tetap konstan. Daun herba ini dijumpai bisa menghalangi perpecahan dan peresapan gula di usus, dan tingkatkan produksi dan peranan hormon insulin.

Karena manfaat itu, daun beluntas dipandang berpotensi untuk menahan berlangsungnya kekebalan insulin dan menolong menyembuhkan penyakit diabetes. Meskipun begitu, sampai sekarang ini efektifitas daun beluntas untuk penyembuhan diabetes belum juga dijumpai secara jelas dan perlu ditelaah selanjutnya.

2. Turunkan kandungan cholesterol

Selainnya bagus untuk menahan diabetes dan mengatur gula darah, daun beluntas dijumpai bisa turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) pada darah. Dengan kandungan cholesterol LDL yang lebih rendah, badan Anda akan tercegah dari penyakit kardiovaskular, terhitung hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Meskipun begitu, untuk jaga kandungan cholesterol dan menahan penyakit itu, Anda pun perlu mengaplikasikan pola hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, olahraga dengan teratur, konsumsi makanan sehat, dan jaga berat tubuh masih tetap bagus.

3. Menahan kerusakan sel karena paparan radikal bebas

Daun beluntas sebagai salah satunya tanaman herba yang banyak memiliki anti-oksidan. Karena ada zat itu, daun beluntas baik dimakan membuat perlindungan sel badan dari kerusakan karena radikal bebas atau depresi oksidatif.

Dengan kurangi kerusakan beberapa sel badan karena paparan radikal bebas, resiko terserang beragam penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung, bisa juga menyusut. Untuk memperoleh manfaat daun beluntas yang ini, Anda dapat konsumsi daun beluntas berbentuk suplemen, jamu, atau teh herbal.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut