get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

Cara Root Android Tanpa PC yang Benar dan Aman, Anti Ribet!

Kamis, 12 Januari 2023 | 09:38 WIB
header img
Cara Root Android Tanpa PC. (iNews.id)

5. Instal USB driver

Untuk pastikan computer kamu dapat berbicara dengan handphone atau tablet, kamu perlu memasang USB driver yang pas. Beberapa handphone telah mempunyai driver yang terpadu di dalamnya hingga tinggal tusuk saja. Jika tidak dapat, kamu dapat googling "usb driver [tipe dan merek handphone]", dan mencari situs sah merek itu untuk unduh drivernya.

6. Unlock bootloader

Sesaat akan, kamu perlu unlock bootloader handphonemu. Bootloader ialah program yang buka OS handphone. Dia tentukan program apa yang penting digerakkan saat proses startup.

Beberapa perusahaan mewajibkan kamu untuk mempunyai kunci jika ingin unlock bootloader. Motorola, HTC, LG, dan Sony memberi perintah step-by-step untuk melakukan, tetapi ingat: Mereka mewajibkan kamu untuk membikin account developer lebih dulu.

Sayang, pemakai Huawei dan Honor tidak dapat kembali buka kunci bootloader semenjak Juli 2018. Jika kamu pemakai Huawei atau Honor dan masih tetap ingin nge-Root, pakai program faksi ke-3 seperti DC-Unlocker.

Jika beberapa tahap di atas telah kamu tuntaskan, kamu mulai bisa proses unlocking. Kamu perlu memasangkan pirantimu di model fastboot. Tiap handphone berbeda triknya, tetapi untuk umumnya handphone , kamu dapat tahan tombol Power dan Volume Down sepanjang 10 detik.

Sesudah masuk ke fastboot, masuk ke folder yang telah kamu masukan file Android SDK nya. Selanjutnya membuka command prompt di PC kamu dengan click Shift+Klik Kanan lalu pilih "Open a Command Prompt Here." Jika komputermu minta code, kamu akan mendapatkan serangkaian watak yang panjang.

Paste code itu ke kolom di web perusahaan manufacturing handphonemu, lalu submit, selanjutnya nantikan e-mail yang berisi keyword, file, dan perintah seterusnya.

Untuk buka kunci bootloader, hubungkan handphone ke computer dan masuk ke model fastboot kembali. Membuka comand promt dengan tulis cmd di Start Menu. Untuk Google Nexus dan Google Piksel, triknya mudah:

  • Nexus: Tulis "fastboot oem unlock" (tanpa pertanda kutip) dan pencet Enter
  • Piksel: Tulis "fastboot flashing unlock: (tanpa pertanda kutip) dan pencet Enter

Untuk Motorola:

  • Tulis "oem unlock UNIQUE_KEY" (tanpa pertanda kutip), tukar UNIQUE_KEY dengan code yang kamu terima
  • Untuk HTC:
  • Tulis "unlocktoken Unlock_code.bin (tanpa pertanda kutip), tukar Unlock_code.bin dengan file yang kamu terima
  • Verifikasi unlocknya, dan kamu telah satu cara dekati rooting handphone Android.

Beberapa perusahaan manufacturing tidak merekomendasikan bootloader unlocking, tetapi tidak berarti ini tidak dapat dilaksanakan. Coba searching ke XDA Developers Komunitas untuk trick dan jalan keluar non-official (yang umumnya lebih solutif).

Itulah cara root android tanpa PC yang benar dijamin anti ribet. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut