Tips Menjalani Hubungan Beda Agama Agar Awet Seumur Hidup

Supriyono
ilustrasi hubungan beda agama (Foto:Istock)

3. Biarkan dia berpegang pada prinsipnya

Salah satu faktor yang membuat cinta berbeda agama itu dapat renggang adalah bila ada pihak yang berusaha mengubah pasangannya. Menjalin hubungan semacam ini, benar ada kalanya kamu merasa jika keyakinan yang kamu anut adalah yang paling betul. Sehingga, kamu berusaha mengubah pasanganmu untuk mengikuti keyakinanmu.

Seharusnya, biarkan dia berpegang teguh pada apa yang diyakininya. Dan kamu juga, pun demikian. Karena dari awal kamu sudah siap dan ingin menjalin hubungan ini. Ya, sebaiknya kamu menerima apa adanya dia secara utuh. Termasuk apa yang diyakininya yang berbeda denganmu.

4. Jangan terlalu overthinking pada masalah yang kemungkinan dapat terjadi kapan pun

Beberapa macam perbedaan dalam menjalani sebuah hubungan percintaan memang bisa saja memicu timbulnya permasalahan. Termasuk dalam perbedaan keyakinan.

Tetapi, kamu jangan terlalu fokus pikirkan pada beberapa masalah yang terjadi, ya. Bahkan juga jangan sampai terpikirkan jika masalah yang ada karena pengaruh dari keyakinan.

Daripada pusing memikirkan itu, lebih bagus masalah yang kalian hadapi anggap saja sebagai sebuah pembelajaran. Berpikir positiflah bahwa dengan masalah itu, kamu dan dia menjadi lebih dapat belajar untuk menghargai perbedaan.

5. Mencari saat yang tepat untuk membicarakan hubungan kalian

Setelah lama menjalani hubungan ini dan cinta semakin membara. Suatu saat nanti, pasti kamu dan dia ingin membawa hubungan ini ke yang lebih serius kembali. Seharusnya, ini jangan dibiarkan saja. Nanti, malah akan mengambang jadinya.

Coba mencari saat yang tepat untuk membicarakan hubungan kalian. Pertimbangkan keyakinan kalian masing-masing dan semua konsekuensinya.

Cinta itu tidak rumit, kok. Asalkan kamu dan dia tepat dalam menyikapinya. Ketidaksamaan itu bukan penghalang. Siapa bilang cinta berbeda agama membuat hubungan tidak dapat harmonis? Tetap dapat, dong. Dengan pahami dan berpegang pada keyakinan masing-masing.

Hal itu justru akan membuat kalian saling menghargai satu sama lain. Sehingga, apa saja keputusan yang kalian ambil nanti, hubungan tetap berjalan dengan baik dan harmonis.

Editor : Supriyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network