Ingin Menjadi Programmer Otodidak yang Handal dan Berhasil? Ikuti Tipsnya

Dean Ismail
Ilustrasi menjadi programmer otodidak handal. (inews.id)

3. Buat Jadwal Belajar dengan Konsisten

Jika Anda telah membuat keputusan belajar programmer secara otodidak karena itu perlu membuat jadwal belajar agar tetap stabil. Hal itu dimaksudkan biar Anda tidak mudah bolos karena yang memegang kendali adalah diri Anda sendiri.

Konsisten menjadi kunci sukses seseorang, tidak terkecuali saat ingin menjadi programmer. Tak perlu belajar dalam waktu yang lama, cukup luangkan 1-2 jam sehari untuk belajar bahas pemrograman. Kerjakan setiap hari supaya mendapat hasil yang maksimal.

4. Belajar dari Buku dan Tutorial Online

Buku sebagai sumber ilmu dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin belajar menjadi programmer secara otodidak. Anda dapat mempelajari melalui buku fisik atau buku elektronik yang membahas mengenai dasar-dasar menjadi programmer.

Disamping itu, saat ini sudah banyak tutorial online seperti YouTube yang dapat ikut membantu Anda dalam belajar. Tentu saja jika ingin serius menjadi programmer, Anda harus rajin mencari referensi terkait seperti mulai menonton video dan membaca buku.

5. Jangan Biasakan Copy Paste

Di awal praktik tidak masalah bila Anda melakukan copy paste, hal itu ditujukan sebagai pengenalan awalnya menjadi seorang programmer. Tetapi, jangan sampai copy paste menjadi kebiasaan yang tetap Anda lakukan. Sesudah mengetahui beberapa dasar-dasarnya, sebaiknya Anda mengembangkan sendiri sintak untuk meningkatkan kekuatan dan kreativitas.

Kebiasaan copy paste akan berdampak buruk karena pengetahuan yang Anda miliki tidak berkembang. Kekuatan Anda akan stagnan hanya karena terpaku pada tutorial yang telah ada.

6. Biasakan Praktik Secara Langsung

Setiap bidang keilmuan pasti harus dipraktikkan, karena apa fungsinya paham teori tanpa praktik secara langsung. Apa lagi untuk seorang programmer, praktik menjadi kewajiban supaya kemampuan yang dimiliki bisa berkembang. Di awal mula praktik, mungkin Anda akan menemui beberapa kesalahan.

Hal tersebut tidak menjadi permasalahan karena melalui kesalahan yang Anda lakukan akan menjadi bahan koreksi di kemudian hari. Tidak ada ahli yang terlahir langsung dengan kekuatan, begitu juga seorang programmer. Konsisten praktik jadi kunci keahlian mereka.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network