Ingin Menjadi Programmer Otodidak yang Handal dan Berhasil? Ikuti Tipsnya

Dean Ismail
Ilustrasi menjadi programmer otodidak handal. (inews.id)

7. Evaluasi Hasil

Hasil dari praktik yang dilakukan pasti Anda akan menemui beberapa kesalahan. Kesalahan itu menjadi bahan evaluasi yang perbaikan seterusnya. Jangan berpuas diri ketika berhasil membuat suatu program, tetaplah belajar dan melakukan evaluasi pada hasilnya. Bisa saja program yang Anda buat mengalami debug sehingga perlu perbaikan selanjutnya.

Jika Anda telah berusaha memperbaikinya tetapi tidak kunjung berhasil karena itu saatnya bertanya ke ahli. Mereka akan memberikan evaluasi pada program yang telah Anda buat. Menjadikan masukan ahli sebagai pelajaran berharga. Dengan selalu melakukan penilaian hasil, bukan hanya kemampuan melakukan pemrograman saja yang meningkat tapi juga kemampuan pemecahan masalah Anda.

8. Bergabung dengan Komunitas Programmer

Banyak orang akan semakin semangat belajar bila ada di lingkungan yang satu frekuensi dengan mereka. Itulah pentingnya tergabung dalam komunitas supaya Anda tetap semangat belajar dan meningkatkan skill.

Tergabung dalam komunitas memungkinkannya Anda mudah bertukar pikiran dengan programmer yang lain, apa lagi jika kemampuan mereka lebih daripada Anda. Kesempatan untuk mendapat proyek lebih tinggi karena umumnya antara komunitas sering membagikan informasi lowongan pekerjaan.

9. Jangan Mudah Menyerah

Nyatanya, kegagalan memang sebuah kesuksesan yang tertunda, sehingga jangan mudah menyerah saat menemui satu kegagalan. Ingat kembali tujuan awal Anda ingin menjadi programmer supaya kembali semangat saat menemui kesulitan. Seorang ahli tidak mudah menyerah demikian saja, tidak jadi masalah gagal sekali 2x yang terpenting adalah menjaga supaya semangat tetap membara dalam hati.

Begitu ulasan menjadi programmer otodidak, memanglah tidak mudah melalui prosesnya tetapi Anda akan memetik hasil kerja keras itu di kemudian hari. Jangan berhenti untuk tetap belajar dan tentu saja istirahat yang cukup. Bukan tidak mungkin ilmu seputar pemrograman dipelajari secara otodidak. Di mana ada kemauan di situ ada jalan.

Editor : Supriyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network