Begini Cara Kerja Motor Listrik Sesuai Dengan Tipenya

Dean Ismail
Ilustrasi Motor Listrik. (okezone.com)

2. Cara Kerja Motor Induksi

Yang kedua cara kerja dari motor induksi ini lebih dikenal dengan mesin asinkron. Motor induksi ini cukup unik, karena mesinnya tidak beroperasi dengan kecepatan sinkron.

Perangkat satu ini terdiri dari dua jenis yakni induksi satu phasa dan tiga phase sudah pasti mempunyai fungsi yang lain. Motor induksi satu phasa mempunyai ukuran lebih kecil, dan tiga phase banyak digunakan untuk kebutuhan industri.

Motor induksi ini memakai prinsip elekromagnetik, di mana gaya gerak listrik diinduksi dan melintasi konduktor listriknya saat medan magnet berputar.

Motor induksi dilengkapi dengan dua bagian khusus yang terbagi dalam stator dan rotor di mana stator sebagai bagian kumparan yang diam dan membawa belitan tumpang tindih.

3. Cara kerja Motor Sinkron

Terakhir, motor sinkron yang prosesnya bergantung pada prinsip kerja motor listrik satu ini tidak bergantung pada arus induksi.

Ini terjadi karena rotor pada motor sesuai sebagai magnet tetap yang akan disinkronkan dengan medan magnet berputar. Putaran yang dibuat terlihat sinkron sesuai frekuensi arus yang ditetapkan.

Editor : Supriyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network