5 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami, Tanpa Efek Samping!

Dean Ismail
Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Penyakit asam urat sangat mengganggu penderitanya. Asal tahu saja, asam urat sebagai produk limbah alami dari purin. Zat purin umumnya ditemukan dalam kadar tinggi di beberapa makanan. Tak usah khawatir, ada cara menurunkan asam urat tinggi secara alami tanpa harus mengonsumsi obat

Sejumlah makanan yang kaya akan purin ialah daging, sarden, jeroan,  kacang kering, dan bir. Purin yang dipecah dalam tubuh akan menghasilkan asam urat yang kemudian disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urine.

Bila kadar purin dalam tubuh terlalu banyak atau tubuh tidak mampu membuang limbah purin dengan cepat, asam urat akan menumpuk dalam darah. Dilansir dari Healthline, asam urat yang tinggi atau hiperurisemia bisa menyebabkan penyakit asam urat.

Penyakit asam urat mengakibatkan nyeri sendi karena ada kristal asam urat yang menumpuk. Di samping itu, gangguan kesehatan tertentu dapat membuat kadar asam urat tinggi, yaitu penyakit ginjal, diabetes mellitus, hipotiroidisme, beberapa jenis kanker, dan psoriasi.

Cara menurunkan asam urat tinggi

Mengontrol asam urat agar tetap dalam kadar normal penting untuk mencegah menurunkan risiko penyakit asam urat.

1. Menjaga berat badan ideal

Mempunyai berat badan yang ideal dan sehat bisa membantu mengurangi risiko penyakit asam urat. Selain itu, kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol yang sekaligus meningkatkan resiko penyakit jantung.

Fokuslah menjaga berat badan yang sehat untuk jangka panjang lebih aktif berolahraga, konsumsi makanan seimbang, dan memilih makanan padat nutrisi.

2. Batasi makanan kaya purin

Sebenarnya, beberapa makanan yang tinggi purin bisa menyehatkan tubuh sehingga maksudnya ialah membatasi, alih-alih menghindari. Adapun makanan yang kaya purin di antaranya ialah sarden, ikan herring, ikan teri, remis, bir, produk susu, daging merah, jeroan, dan makanan dan minuman manis.

Sementara itu, makanan dengan kandungan purin sedang meliputi unggas, tiram, udang, kepiting, dan lobster.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network