5 Konglomerat Dunia Dengan Gaya Hidup Sederhana, Nomor 4 Dari Indonesia

Supriyono
Konglomerat Dunia Dengan Gaya Hidup Sederhana. (okezone.com)

2. Warren Buffett

Salah satu konglomerat dunia yang memiliki gaya hidup sederhana ialah CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes 2022 yang memiliki kekayaan mencapai USD98,8 miliar atau setara dengan Rp1.535 triliun. Sebagian besar kekayaan Buffett diperolehnya dari kepemilikan saham di Berkshire Hathaway yang mencapai 16%.

Meski demikian, Warren Buffett justru memilih untuk hidup sederhana. Dia bahkan mempunyai prinsip bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi berapa banyak uang yang dimiliki.

Sebagai orang terkaya di dunia dengan uang yang melimpah ruah, bukan hal yang susah baginya untuk hidup mewah dan membeli apa yang diinginkan. Tetapi, alih-alih berbuat begitu, Warren Buffett justru tidak suka menghamburkan uangnya. Dia lebih memilih menggunakan uangnya untuk investasi dan kegiatan amal.

Buffett juga masih betah menempati rumah sederhana di Omaha yang berhasil dibelinya pada 1958 dengan harga sebesar USD31.500. Dari laporan Business Insider, Buffett juga mengakui jika hidupnya tidak jauh lebih bahagia dari apa yang sekarang ini dia miliki. Dia sudah memiliki semua yang dia butuhkan dan tidak menginginkan lebih dari itu.

Selain itu, kesederhanaannya tampak dari tidak ada komputer di meja kerjanya. Dia diketahui tidak pernah membawa telepon seluler saat pergi. Padahal, untuk level kekayaannya, Buffett dapat memborong semua telepon genggam yang dengan teknologi terbaru yang ada di dunia.

3. Jack Ma

Jack Ma sebagai pengusaha asal China yang juga terkenal karena keberhasilannya mendirikan raksasa ecommerce Alibaba. Dia menaungi beberapa anak perusahaan ternama yang ikut menopang kekayaannya.

Forbes mencatat kekayaan kekayaannya pada tahun 2022 ini mencapai USD22,8 miliar atau sekitar Rp354,24 triliun. Meski sempat terjun bebas dari tahun sebelumnya yang capai USD48,4 miliar, tetapi kekayaan Jack Ma tersebut terbilang melimpah ruah.

Salah satu miliarder China yang mengawali kariernya dari bawah sebagai seorang guru bahasa ini tetap memilih hidup dengan sederhana. Gaya hidupnya tidak berubah meski hartanya melimpah. Bos Alibaba ini juga dikenal dengan penampilannya yang sederhana. Dibanding makan makanan mewah di restoran, Jack Ma justru lebih gemar makan mi instan.

Bila kebanyakan orang kaya sering mengoleksi deretan mobil mewah, Jack Ma justru sebaliknya. Orang berharta ratusan triliun ini justru lebih suka menggunakan mobil murah buatan negaranya sendiri dengan harga hanya berkisar Rp200 jutaan yaitu Rowee RX5.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network