5 Manfaat Buah Okra Penting untuk Kesehatan yang Bisa Dicoba

bayu pratama
Manfaat Buah Okra. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Okra memiliki lendir pada bagian buahnya, biasanya tanaman ini tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Saat ini okra juga telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Kebanyakan okra dimasak dengan cara ditumis atau olahan masakan lainnya sesuai selera.

Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Selain rasanya yang enak ketika dibuat sayur atau jenis masakan tertentu, okra juga bisa berfungsi sebagai obat. Ada berbagai penyakit yang bisa disembuhkan dengan konsumsi buah okra secara teratur. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa ditangani dari buah okra:

1. Mengobati Anemia dan Penyakit Asma

Banyak yang belum mengetahui, ternyata okra ini memiliki kandungan zat yang dapat membantu dalam produksi sel darah merah. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Konsumsi secara teratur agar sel darah merah tercukupi dalam darah.

Dalam buah okra, terdapat kandungan vitamin C serta zat antioksidan. Sejumlah vitamin tersebut akan membantu dalam mengurangi keluhan asma. Antioksidannya mampu melawan radikal bebas serta virus penyakit yang bisa menambah keluhan asma secara aktif.

2. Memiliki Sifat Anti Kanker

Siapa yang tidak ingin terbebas dari penyakit kanker. Sebuah penyakit yang bahkan hingga kini belum ada obatnya. Ternyata mengkonsumsi okra juga mampu dalam melawan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan dalam okra akan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Selain itu, sifat dari okra akan mampu melindungi tubuh dari masuknya radikal bebas yang berbahaya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang bagus, maka akan mencegah terjadinya mutasi sel kanker yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

3. Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes

Bagi Kakak yang memiliki keluhan kolesterol, bisa coba konsumsi okra ini. Dari sebuah penelitian diungkapkan bahwa okra memiliki serat yang mampu membantu menurunkan kolesterol. Okra ini juga mampu mengurangi aterosklerosis, dimana bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Diabetes atau penyakit gula adalah sebuah penyakit yang ditimbulkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah. Cara untuk menyembuhkannya adalah dengan menurunkan dan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Buah okra bisa juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Konsumsi okra sebanyak 8 buah per hari, akan menjaga kandungan insulin dalam tubuh. Hal ini sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah dan mencegah resiko terjadinya penyakit diabetes.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network