12 Langkah Amankan Data dan Privacy di Netbook, Mudah Sekali!

bayu pratama
Langkah Amankan Data dan Privacy di Netbook. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Netbook memanglah bukan benda asal-asalan. Sama dengan smartphone, netbook biasa kamu pakai untuk simpan data dan file-file penting. Khususnya yang terkait dengan privacy, entahlah itu photo atau bisa saja video yang peka dan memiliki sifat individu.

Salah-salah, kamu dapat kehilangan data penting hanya karena hal remeh. misalkan lupa mengamankan netbook. Kekeliruannya sedikit, tetapi dampaknya banyak dan dapat benar-benar beresiko ingat begitu masifnya siber attack dan persoalan mengenai data personal akhir-akhir ini.

Untuk menahan hal jelek terjadi, sebaiknya kamu tingkatkan rasa ‘insecure' pada beberapa barang penyimpan data seperti netbook. Berikut 12 cara yang perlu dilaksanakan tiap orang untuk pastikan netbook mereka bisa simpan data apa saja dengan aman!

12 Langkah Amankan Data dan Privacy di Netbook

1. Kunci File dan Folder

FIle dan folder yang berada di netbook kamu benar-benar rawan menyebar. Dapat dengan tradisionil yakni maling netbook, atau dengan hebat seperti malware, virus, dan sistem hack lain.

Salah satunya langkah yang kami referensikan ialah mengamankan folder dan file dengan sandi. Dengan langkah ini kalaulah netbook kamu kecurian atau terkena hack, minimal folder berisi data penting tidak menyebar.

Ada beberapa langkah mengamankan folder dan file, kamu dapat check di link yang kami pasang di atas. Selainnya mengamankan, kamu bisa juga sembunyikan file atau folder agar tidak kelihatan. Walau jika orang yang memahami tehnologi tahu langkah munculkan hidden file, tetapi langkah ini dapat dilaksanakan sebagai perlakuan protektif.

2. Pakai sandi yang sulit

Sandi login ialah penyelamatan lapis pertama untuk netbook. Jika sandi ini saja terlampau gampang dibobol, semua data personal kamu berefek besar terkena maling.

Yakinkan password susah diterka. Jangan sampai pakai tanggal ulang tahun, nama kucing, atau nama orang yang kamu sayangi misalkan anak atau istri, apa lagi nama bekas kekasih. Selalu gunakan gabungan angka, huruf kapital, huruf kecil, lambang, dan yakinkan sandidnya lumayan panjang agar makin susah terkena brute force.

3. Pasang sandi di screensaver

Sering kamu tinggalkan netbook di meja kantor, kafe, rumah, atau tempat yang lain tanpa pelindungan. Lumrah jika kita berpikiran ‘ah kan hanya sebentar'. Tidak!!

Jika kamu ketahui Ross Ulbricht (pemilik Silk Road, situs underground ilegal), team FBI sukses meng-copy semua isi netbooknya saat dia meleng sesaat. Seseorang ajaknya bercakap sampai ia meleng, seseorang lain sembunyi-sembunyi terhubung netbooknya yang terbuka tanpa pelindungan.

Nach janganlah sampai ini terjadi pada kamu. Kamu tidak akan mengetahui siapa teman siapa musuh di dunia digital yang kejam seperti sekarang ini. Selalu pasang sandi di screensaver!

4. Enkripsi hard drive

Selainnya di tingkat OS, kamu bisa juga menambahkan perlindungan dengan mengamankan hard drive memakai sandi. Langkah ini bukan yang paling harus, tetapi pantas kamu pikirkan jika banyak beberapa data penting dan konfidensial di dalam netbook kamu.

Jika netbookmu kecurian, sang maling selainnya coba bedah data dari dalam OS, dia pasti juga akan mengambil hard drive, lalu coba dijangkau melalui computer lain. Nach karena ada sandi di tingkat hard drive, sang maling akan kewalahan meretas beberapa data individu kamu.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network