Cara Shutdown atau Mematikan Windows Dengan Suara, Mudah Banget!

Dean Ismail
Cara Shutdown atau Mematikan Windows Dengan Suara. (okezone.com)

BATU, iNews,id - Ya, cukup dengan perintah suara computer Anda dapat automatis shutdown, re-start atau log off. Kedengar benar-benar hebat kan? Tetapi panduan hebat ini bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, sekarang betul-betul dapat Anda kerjakan sendiri. Ada beberapa cara shutdown atau mematikan windows dengan suara dengan mudah dan cepat

Kemungkinan Anda pernah menyaksikan film Iron Man di mana si computer JARVIS (Just A Rather Very Intelligence System), dapat dengarkan dan jalankan perintah si empunya (Tony Stark).

Hal sama sekarang dapat Anda kerjakan untuk mematikan windows dengan suara Anda sendiri. Yah, meskipun tidak sehebat Jarvis, tetapi minimal langkah ini bisa kita cicipi sekarang ini.

Apa yang Anda perlukan agar dapat mematikan windows cukup dengan suara ini? Jawabannya ialah Cortana, sebuah program individual assistant yang sanggup terima perintah suara untuk jalankan perintah apa saja yang diketahuinya. Cortana menjadi bawaan pada Windows Phone 8.1 dan Windows 10 tak perlu instal kembali.

Jadi panduan ini cuma akan jalan pada Windows 10, dan janganlah lupa untuk seting negara ke america atau bahasa yang didukung Cortana. Riwayat Cortana sendiri semula program berdikari namanya TellMe yang selanjutnya dibeli oleh Microsoft tahun 2009.

Cortana sebagai program individual assistant tandingan Google Now-nya Android dan Siri-nya Apple. Ke-3 nya semacam, dan berkompetisi menjadi yang terbaik sekalian jaga "gengsi kehebatan" yang dijajakan masing-masing perusahaan. Well, siapa kurang lebih juaranya, you decide..

Mematikan Computer dengan Perintah Suara

Cara untuk mematikan windows dengan suara ini tidak begitu susah. Bila Cortana telah terinstal, Anda perlu membuat dan menambah perintah suara baru. Triknya dengan membuat shortcut dengan perintah mematikan computer, berikut rinciannya:

  • Membuka windows explorer atau pencet tombol gabungan shortcut Start + E.

Membuka folder lokasi tempat semua program yakni dengan posisi folder berikut ini:

  • C:UsersUsername AndaAppDataRoamingMicrosoftWindowsStart MenuPrograms

Samakan "Username Anda" bernama username di computer. Bila di bagian "AppData" Anda tidak dapat menyaksikannya, yakinkan untuk ceklis Show hidden files / folder dari "Folder Options" untuk tampilkan file / folder terselinap.

Apabila sudah ada di folder program, click kanan dan tentukan "New Shorcut". Pada kolom "location" tambah code mematikan windows berikut ini:

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network