Cara Merawat Ikan Hias Buntal Tutul Hijau di Akuarium

Supriyono
Merawat Ikan Hias Buntal Tutul Hijau. (indozone.com)

BATU, iNews.id - Ikan unik ini mempunyai nama ilmiah Tetraodon nigroviridis ataupun Dichotomyctere nigroviridis. Wujud badannya agak aneh, tidak semacam ikan pada biasanya. Matanya menonjol serta mulutnya begitu mungil. Zona punggungnya bercorak hijau jenuh, kontras dengan perutnya yang nampak putih.

Merawat ikan buntal air tawar, cara merawat ikan buntal air tawar, cara merawat ikan buntal di aquarium, panduan merawat ikan buntal, cara memelihara ikan buntal air laut, cara merawat ikan buntal, merawat ikan buntal air tawar, cara merawat ikan buntal air tawar, cara merawat ikan buntal di aquarium, panduan merawat ikan buntal, cara memelihara ikan buntal air laut, cara merawat ikan buntal

Tidak hanya dari segi penampilan, sikap ikan ini pula cenderung berbeda. Mereka mempunyai rasa mau ketahui yang besar, aktif, serta riang. Tidak hanya itu, mereka semacam mengidentifikasi siapa yang sepanjang ini memelihara serta merawatnya. Karena kala mereka memandang wujud tersebut, tingkahnya jadi terus menjadi aktif serta riang.

Kamu tidak butuh waktu lama buat menyimpan rasa sayang padanya. Tetapi butuh diingat, jika perawatan ikan ini bukanlah gampang. Terdapat sebagian ketentuan spesial supaya kamu berhasil melindungi mereka. Buat itu, ikan ini cuma diperuntukkan untuk aquarist berpengalaman ataupun yang telah mahir.

Kanak- kanak ikan ini memanglah dapat bertahan di air tawar. Tetapi kala berusia, mereka membutuhkan salinitas besar. Gigi- gigi ikan ini pula berkembang secara kilat. Kamu juga hendak senantiasa membutuhkan siput bercangkang keras buat“ mengasah gigi” serta penuhi hasrat gigitnya.

Habitat Asli Ikan Buntal Tutul Hijau

Pada 1822, buat awal kalinya ikan ini dideskripsikan. Mereka berasal dari Asia serta Afrika. Ikan ini tersebar dari Sri Sangat jarang ke Cina Utara. Kadangkala ikan ini diucap pula selaku ikan buntal leopard ataupun ikan buntal macan tutul, sebab bercak- bercak, tutul ataupun totol khasnya.

Ikan buntal ini menghuni sungai- sungai, aliran, air di dataran, serta laguna payau. Kadangkala mereka sendirian, kadangkala pula berkelompok. Santapan favoritnya merupakan siput, hewan tidak bertulang, krustasea, serta kadangkala tumbuhan pula dilahap. Di alam liarnya, ikan ini lebih betah tinggal di air payau.

Kanak- kanak ikan buntal totol hijau lahir di masa hujan, sehingga mereka berkembang besar di air tawar. Mereka hadapi aneka pergantian parameter air. Mulai dari air payau, ke air tawar, kemudian bersinambung ke air asin( garam). tetapi lebih dianjurkan jika mereka ditempatkan dalam air payau.

Deskripsi ikan Buntal Totol Hijau

Genus tetraodon tiba dari famili Pufferfish( Tetraodontidae). Mereka diketahui mempunyai senjata tertentu buat melindungi dirinya. Ikan ini mempunyai rahang kokoh dan 4“ gigi tajam” yang siap menghancurkan makanannya.

Walaupun tidak mempunyai sirip perut, tetapi ikan ini mempunyai sirip dada yang tangguh, sehingga mereka dapat bermanuver. Dengan kata lain, ikan dapat melayang di sebagian spot di air, dan dapat berenang mundur. Mereka pula sering“ membusungkan diri” memakai air ataupun hawa, spesialnya kala merasakan ciri bahaya. Baca: Ikan Buntal Mini Air Tawar

Tetraodon melindungi diri dari predator dengan cara meningkatkan duri- durinya. Dagingnya pula memiliki zat toksin, sehingga musuh hendak mengidap sendiri bila memforsir memakannya. Ikan berdimensi dekat 15 centimeter ini dapat bertahan hingga 10 tahunan.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network