7 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

bayu pratama
Cara Merawat Ikan Arwana. (sindonews.com)

Cara Merawat Ikan Arwana. (sindonews.com)

2. Seleksi Santapan Arwana Cocok Kebutuhannya

Arwana terkategori ke dalam hewan karnivora yang menjadikannya predator di alam liat. Pada habitat aslinya, ikan arwana memangsa ikan kecil dan serangga buat penuhi kebutuhan proteinnya.

Selaku hewan peliharaan, terdapat sebagian tipe santapan ikan arwana yang dapat diberikan. Awal terdapat santapan berbentuk pelet yang dikhususkan buat tipe ikan karnivora. Setelah itu terdapat santapan hidup ataupun telah dibekukan, semacam ikan kecil, jangkrik, cacing, dan udang.

Sebagian panduan merawat ikan arwana paling utama dalam membagikan makannya merupakan yakinkan kalian menjauhi serangga dengan cangkang tebal dan tajam, spesialnya buat arwana anak muda.

Buat jatah makan ikan arwana masing- masing harinya, kalian dapat membagikan 2- 3 kali per hari buat arwana anakan sampai anak muda dan 1 kali per hari buat arwana berusia.

3. Teratur Memelihara Habitat Arwana

Pemeliharaan akuarium selaku habitat arwana sangat berarti guna melindungi kelangsungan hidupnya. Semacam PetPi sebutkan dalam poin awal, ikan arwana menciptakan kotoran dalam jumlah besar sehingga rentan keadaan air jadi tidak cocok dengan kebutuhannya

Ada pula kotoran tadi bisa menciptakan sebagian zat, semacam amonia, nitrit, dan nitrat yang beresiko dan berisiko beracun. Ada pula tipe- tipe pemeliharaan buat melindungi keadaan akuarium, di antara lain:

  • Setiap hari: Pengecekan filter, temperatur air, dan keadaan akuarium beserta seluruh aksesorisnya.
  • Mingguan: Pengukuran pada mutu air dan isi di dalamnya paling tidak seminggu sekali.
  • Bulanan: Ubah 10- 20% air dalam akuarium dengan air baru per pekan bila diperlukan. Tidak hanya itu, kalian pula dapat mengubah 25% dari total air paling tidak 2- 4 pekan sekali.

4. Pisahkan Arwana dari Ikan Lain

Arwana spesialnya yang telah berumur berusia tidak hanya mempunyai dimensi badan besar, pula hendak bertabiat teritorial dan hendak gampang tersendat apabila terdapat yang mengusik wilayahnya.

Hingga hendaknya pisahkan ikan arwana dengan tipe ikan lain, tercantum buat arwana sejenisnya sebab bisa silih melanda, lho. Bila arwana hendak disandingkan dengan ikan lain, sebagian orang menganjurkan tipe ikan berdimensi lebih besar dibandingkan mereka. Dan yang terutama memilih ikan yang lebih besar dengan ciri jinak buat tidak menggertak arwana, semacam ikan lele besar, bass merak, dan yang lain.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network