BATU, iNews.id - Jurusan Ilmu Komunikasi ialah salah satu jurusan yang mempunyai banyak prospek kerja, mulai dari industri hiburan, media, sampai jurnalistik. Banyak jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia yang mencari incaran para calon mahasiswa.
Baru- baru ini, suatu lembaga pemeringkatan universitas Times Higher Education World University Rankings( THE WUR) melaksanakan pemeringkatan pada universitas di dunia bersumber pada sebagian penanda berarti serta juga jurusan unggulannya.
Untuk Kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan ilmu komunikasi, ini daftar universitas terbaik seIndonesia dengan jurusan ilmu komunikasi.
Universitas Terbaik Se-Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi
1. Universitas Indonesia (UI) Peringkat global: 1.001-1.200
2. Universitas Airlangga (Unair) Peringkat global: 1.201-1.500
3. Institut Teknologi Bandung (ITB) Peringkat global: 1.201-1.500 Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 ke Luar Negeri Tanpa Perlu Nilai IPK atau Rapor
4. Binus University Peringkat global: 1.201-1.500
5. Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat global: 1.201-1.500
6. IPB University Peringkat global: 1.201-1.500
7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Peringkat global: 1.001-1.200
8. Universitas Sebelas Maret (UNS) Peringkat global: 1.201-1.500
9. Universitas Negeri Malang (UM) Peringkat global: 1.201-1.500
10. Universitas Brawijaya (UB) Peringkat global: 1.501+
11. Universitas Diponegoro (Undip) Peringkat global: 1.501+
12. Universitas Islam Indonesia (UII) Peringkat global: 1.501+
13. Universitas Padjadjaran (Unpad) Peringkat global: 1.501+
14. Telkom University (TelU) Peringkat global: 1.501+
15. Universitas Andalas (Unand) Peringkat global: 1.501+
Prospek Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi. (okezone.com)
Prospek Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi
Nah, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi? Berikut ini sebagian pekerjaan yang dapat kalian tekuni selaku lulusan jurusan Ilmu Komunikasi:
Penyiar
Penyiar biasanya merujuk pada orang yang menyiarkan informasi kepada khalayak. Profesi penyiar identik dengan orang-orang yang jadi ujung tombak radio maupun televisi. Penyiar berperan penting dalam kesuksesan acara yang dipandunya.
Untuk di radio, biasanya penyiar akan berinteraksi dengan pendengar dengan membawakan acara, menyampaikan informasi, mengisi narasi, menyajikan produk komersial, dan sebagainya. Tidak heran penyiar radio harus pandai mengolah kata. Karena ia kerap dijadikan teman di perjalanan, lebih-lebih kalau jalanan macet.
Selain di radio, penyiar bisa juga bekerja di stasiun televisi. Di TV, profesi ini lebih sering disebut sebagai pembaca berita. Nah, selain bergabung di stasiun TV atau radio, ada juga lho penyiar yang bekerja sebagai freelancer atau dihubungi oleh suatu agensi. Untuk menjadi penyiar, konon kabarnya jalannya cukup sulit karena persaingannya cukup ketat.
Content Creator
Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital dan memiliki target audiens tertentu. Sementara itu, menurut HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) dengan menambahkan nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga biasanya disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens.
Beberapa ciri content creator yang dapat kamu temui adalah:
- Memakai banyak platform untuk menyebarkan konten mereka. Selain media sosial seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, mereka juga memakai blog, infografik, maupun e-book untuk menyebarkan konten.
- Tidak semua pencipta konten adalah selebriti maupun blogger kenamaan.
- Tidak perlu menjadi figur publik untuk bisa menjadi content creator.
- Misalnya, kamu mengunggah review make up di Instagram, kamu sudah bisa disebut content creator.
Begitu juga ketika kamu membuat video perjalanan mendaki gunung, lalu upload di YouTube, maka kamu juga sudah bisa dianggap pembuat konten. Pada dasarnya proses pembuatan konten ini melibatkan kreativitas seseorang.
Kreativitas ini menjadi alat content creator untuk menarik perhatian orang-orang dan membuat mereka mau melihat konten yang dibuat. Terlepas dari itu, proses pembuatan konten juga tidak sekadar mengandalkan kreativitas semata. Ada logika yang perlu dipahami agar bisa menggaet audiens.
Proses ini juga termasuk dalam digital marketing dan menjadi bidang yang dibutuhkan perusahaan saat ini. Ada istilah yang menyebut bahwa di balik konten viral, ada strategi apik dan konten yang menarik
Setelah mengenal universitas terbaik seIndonesia dengan jurusan Ilmu Komunikasi serta prospeknya, apakah kalian tertarik dengan jurusan ini? Pikirkan baik- baik sebelum melanjutkan pembelajaran ke perguruan tinggi, ya.
Itulah 15 universitas terbaik seIndonesia dengan jurusan ilmu komunikasi, semoga berguna dan bermanfaat!
Editor : Supriyono
Artikel Terkait