Persiapkan Porprov 2025, 52 Peserta Ikuti Sertifikasi Wasit Juri Dan Pelatih IBCA MMA Jawa Timur

Ahmad Didin
Peserta Sertifikasi Wasit juri dan Pelatih se-Jawa Timur (foto: iNewsBatu.id/Ahmad Didin)

BATU, iNewsBatu.id - Sebanyak 52 peserta dari Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur ikuti sertifikasi Wasit juri dan Pelatih Indonesia Beladiri Campuran Amatir Mixed Martial Art (IBCA MMA) di Hotel Royal Tretes View, Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari, Jum'at - Minggu (10-12/5/2024). Dengan 2 pemateri yang sudah memiliki sertifikat Internasional.

Sertifikasi Wasit juri dan Pelatih tersebut dihadiri Ketua Binpres Koni Jawa Timur Drs. Dudi Harjantoro dan Ketua Umum IBCA MMA Jawa Timur Oka Mahendra Jatikusuma didampingi Sekretaris Umum IBCA MMA Ahmad Anshori.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Ketua Umum IBCA MMA Jawa Timur Oka Mahendra Jatikusuma dengan ditandai ketok palu sebagai tanda bahwa kegiatan Sertifikasi Wasit juri dan Pelatih IBCA MMA dimulai.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan, sertifikasi bagi Wasit juri dan Pelatih merupakan hal yang penting dan syarat wajib bagi Pengkab Dan Pengkot untuk bisa mengikuti Porprov 2025 mendatang.

"Karena IBCA MMA ini merupakan wadah dari semua beladiri maka dengan kegiatan ini kami bertujuan untuk bisa memberikan pengetahuan khusus tentang Peraturan yang ada di IBCA MMA baik berupa penghitungan poin maupun peraturan - peraturan," jelasnya.

Nanti ya, lanjut Oka, saat Porprov mendatang para official yang boleh mendampingi Atlet ke arena pertandingan hanya Pelatih yang sudah Berlisensi atau bersertifikat resmi dari IBCA MMA Jawa Timur.

"Bagi official yang tidak Berlisensi tidak bisa Masuk dan mendampingi atletnya dan sertifikat yang didapatkan hari ini wajib dilampirkan saat mendaftar saat adanya kejuaraan - kejuaraan Provinsi maupun nanti pada Porprov 2025," tandas Ketua IBCA MMA Jawa Timur.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap bisa menciptakan Atlet - atlet berprestasi dibidang olahraga khususnya olahraga Beladiri yang ada di Jawa Timur ini.

Sementara, Ketua Binpres Koni Jawa Timur Drs. Dudi Harjantoro sangat mengapresiasi kegiatan Sertifikasi Wasit juri dan Pelatih ini pasalnya, dengan adanya kegiatan semacam ini bisa meningkatkan prestasi untuk para Atlet yang ada di Jawa Timur.

"Kami sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan Penataran Wasit juri dan Pelatih ini, dengan kegiatan ini para Pelatih yang sudah bersertifikat akan lebih semangat dan bisa lebih memahami peraturan - peraturan khususnya di IBCA MMA ini," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa IBCA MMA ini merupakan suatu Cabang Olahraga (Cabor) Dari semua aliran beladiri. IBCA MMA kedepan harus mempunyai ciri khas tersendiri dan tidak campur - campur dengan Cabor lainnya baik Pelatih maupun atletnya.

"Kedepan harus memiliki ciri khas sendiri agar tidak campur seperti contoh atletnya ikut kejuaraan di muaytai, tapi juga ikut di IBCA MMA. Begitu juga Pelatihnya, harus benar - benar fokus," katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network