get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Minum Pil KB yang Benar dan Tepat, Bisa Dicoba!

Tindakan Catcalling Meresahkan Banyak Perempuan, Ini Langkah Mengatasinya

Sabtu, 23 Juli 2022 | 11:45 WIB
header img
ilustrasi tindakan catcalling (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BATU, iNews.id - Catcalling sebagai bentuk pelecehan seksual di jalanan. Bentuknya bisa berupa mengedipkan mata, melambai-lambai, memberikan gerakan seksualitas, bersiul, memanggil, menanyai nama, memberi komentar, dan menghina kepada orang tidak dikenal. Kenyataannya di lingkungan sekitar kita, wanita lebih sering mengalami catcalling.

Perilaku catcalling sangat mengganggu dan membuat korban tidak nyaman ada di tempat umum. Wanita yang mengalami catcalling seharusnya melawan supaya pelaku sadar akan kejahatannya. Silahkan simak lima cara menghadapi catcalling:

Lakukan kontak mata

Berikan tatapan tidak suka ke pelaku catcalling (catcallers). Kontak mata yang tajam membuat pelaku terkejut dan tidak melanjutkan kejahatannya. Hal itu membuat pelaku menyadari tindakannya salah.

Berikan jawaban tegas

Tegur pelaku catcalling dengan kalimat yang tegas dan keras bila perilakunya salah. Coba gunakan kalimat negatif seperti "tinggalkan saya sendiri" atau "pergi! Apa yang kau lakukan sangat tidak sopan."

Saat situasi mendukung dan Anda memiliki keberanian, suruh pelaku untuk mengulangi apa yang disebutkan dengan kuat. Disamping itu, Anda dapat memberikan komentar tentang perilakunya atau memotret pelaku. Bila perlu, teriak supaya pelaku menjadi pusat perhatian sehingga ia tidak melanjutkan aksi kejahatannya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut