get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Daun Serih Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Rempah-Rempah dan Tanaman Herbal untuk Kesehatan Otak

Minggu, 24 Juli 2022 | 10:17 WIB
header img
Lima bumbu dapur dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. (Doto: Dok iNews.id)

BATU, iNews.id - Penggunaan rempah-rempah dan tanaman herbal sebagai bahan obat-obatan tradisional telah menjadi hal umum sepanjang sejarah. Tetapi tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis rempah-rempah dan tanaman herbal yang dapat berdampak positif pada kesehatan otak?

Kebanyakan orang, peran rempah-rempah dan tanaman herbal sebagian besar adalah untuk membumbui makanan dan meningkatkan cita rasanya. Tetapi ternyata, rempah-rempah dan tanaman herbal memiliki kekuatan dan manfaat yang lebih dari itu, mulai dari mendukung fungsi seksual yang sehat hingga mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Beberapa rempah-rempah dan tanaman herbal ini telah dipelajari untuk efeknya pada penyakit Alzheimer, sementara yang lain telah diuji untuk efek keseluruhan pada kognisi (yaitu tindakan mental atau proses yang terlibat dalam berpikir, memahami, belajar, dan mengingat).

Berikut adalah 7 jenis rempah-rempah dan tanaman herbal yang diketahui dapat membantu mendukung kesehatan otak.

1. Kunyit

Jenis rempah-rempah dan tanaman herbal pertama yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu yang sudah lama digunakan dalam Ayurveda, sebuah pengobatan tradisional tertua dari India.

Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi (dua faktor yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesehatan secara keseluruhan).

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer dengan membersihkan otak beta-amiloid (fragmen protein). Penumpukan beta-amiloid diketahui membentuk plak otak terkait Alzheimer.

Selain itu, kunyit dapat melindungi kesehatan otak dengan menghambat pemecahan sel-sel saraf di otak.

Kunyit adalah bahan utama dalam bubuk kari, yang biasanya juga termasuk rempah-rempah seperti ketumbar dan jintan. Untuk menambah asupan kunyit, coba tambahkan bubuk kari atau kunyit ke dalam tumis, sup, dan hidangan sayur.

Sertakan beberapa jumput lada hitam untuk meningkatkan penyerapan kunyit.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut