get app
inews
Aa Read Next : Khasiat Baby Oil buat Anak serta Orang Dewasa, Bikin Harum dan Fresh!

Tips Mengatasi Orang Tua yang Strict Parents, Dengan Cara Ini Anda Akan Merasa Tenang

Selasa, 02 Agustus 2022 | 13:08 WIB
header img
Ilustrasi strict parents (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Strict parents atau orangtua yang ketat merupakan tipe orang tua yang mengatur anaknya sesuai dengan kemauan diri sendiri tanpa menghargai perasaan serta pendapat anaknya. Seorang anak yang biasa di didik dengan ketat akan cenderung memiliki rasa takut yang tinggi dan ketergantungan terhadap apa yang dilakukannya. 

Dengan artian, anak akan melakukan suatu hal dilandasi dengan rasa takut kepada orang tuanya, bukan atas dasar keinginan hatinya sendiri. Anak tersebut, nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang sering menyalahkan dirinya sendiri atau memiliki rasa kurang percaya diri

Biasanya strict parents orang tua yang banyak curigaan terhadap pergaulan anaknya sendiri.

Mereka, memang memiliki kebiasaan atau aktivitas yang baik, namun itu semua bukan atas pembelajaran yang didapatkan dari pengalaman pribadinya melainkan dari tuntunan dan peraturan dari orang tuanya.

Menurutnya, menghadapi strict parents tidaklah mudah. Diperlukan kesabaran agar tidak menyinggung dan tetap menghargai orang tua. Berikut tips yang bisa Anda lakukan ketika sedang menghadapi strict parents.

1. Berikan waktu untuk me time

Anda bisa luangkan waktu untuk menyendiri mengisi ulang energi fisik dan mental Anda. Anda bisa melakukan me time dengan berbagai cara, seperti jalan-jalan, shopping, mendaki gunung, pergi ke pantai, staycation di hotel atau sekedar menyendiri di tempat yang tidak ramai dan menikmati suasana yang tenang.

Tak hanya itu, me time membuat pikiran Anda lebih rileks, sehingga lebih sabar dalam menghadapi orang tua yang ketat. Me time juga bisa menjadi cara untuk mencintai dirimu sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda yang rendah karena memiliki strict parents.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut