get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Gandum Dapat Mencegah Penyakit dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:32 WIB
header img
Ilustrasi gandum (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dijadikan bahan dalam pembuatan kue, roti, dan bagel. Gandum tidak hanya menjadi sumber energi,tetapi juga memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh.

Penasaran kandungan gizinya? 

Gandum merupakan salah satu tanaman serealia yang paling tua dan terdiri dari berbagai jenis yang sering dijadikan sebagai bahan makanan. Dari bermacam ribuan gandum, yang paling populer adalah gandum biasa, durum dan club wheat.

Ketiga jenis gandum ini sering digunakan dalam membuat roti, spaghetti, hingga kue dan produksi tepung. Gandum dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena nutrisi karbohidrat dan serat yang tinggi.  

Berikut ini 4 manfaat gandum bagi kesehatan tubuh: 

1. Melancarkan buang air besar

kandungan serat yang tinggi pada gandum diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Berdasarkan penelitian dari jurnal of food Science and technology serat seperti gandum dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Jadi, serat dalam gandum dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan BAB. Selain itu, serat juga berperan penting dalam melawan Bakteri usus jahat yang dapat menyebabkan divertikulitis.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut