get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Sudah Tahu? Beragam Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh  

Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:21 WIB
header img
Manfaat Buah Mengkudu. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tidak banyak yang tahu jika kandungan buah mengkudu (buah noni) sebagai bagian dari spesies keluarga kopi. Rasa dari buah ini memang tidak enak dan baunya sedikit tajam. Tetapi, ada beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, lho!

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah mengkudu tentu saja tidak lepas dari berbagai kandungan zat gizi di dalamnya. Pada satu buahnya, buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Kandungan protein dan asam amino memenuhi sekitaran 11,3% dari keseluruhnya bagian keringnya. Disamping itu, buah mengkudu mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, dan selenium yang keseluruhannya mencapai 10 - 12 %.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu yaitu vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Berikut ini daftar berbagai manfaat buah mengkudu yang dapat Anda peroleh dari konsumsinya.

1. Bantu mengatasi arthritis

Buah noni telah digunakan sebagai salah satu obat tradisional lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi berbagai penyakit, satu diantaranya yaitu penyakit arthritis.

Pasien dengan kondisi arthritis sering mengalami nyeri sendi saat keadaan ini kambuh. Jus buah mengkudu dipercaya bisa meringankan rasa nyerinya.

Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan tahun 2011, pemberian jus mengkudu setiap hari ke pasien osteoartritis berhasil menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan ngilu.

Hasil itu dicapai sesudah rutin minum jus buah mengkudu selama 90 hari. Beberapa peserta penelitian mengaku mengalami perbaikan dalam kualitas hidup.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut