get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ingin Hidup Sehat? Konsumsi Sawi Hijau Kaya Akan Vitamin Baik Bagi Tubuh

Senin, 29 Agustus 2022 | 11:43 WIB
header img
Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jika kamu suka makan sayur, tentu tidak asing lagi dengan sayur hijau bernama sawi. Sayur yang biasa digunakan sebagai campuran mi dan sup ini sangat mudah didapat di pasar atau tukang sayur yang melalui depan rumah. Harganya juga sangat terjangkau.

Jika kamu termasuk penggemar Sayur Sawi, karena itu kamu beruntung. Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan. 5 manfaat sawi, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sumber vitamin dan mineral

Sawi sebagai sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berperan menjaga kepadatan tulang serta mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

Sawi sebagai sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik pada sintesis DNA, mencegah terjadinya cacat janin dan jaga perkembangan janin yang sehat.

2. Kaya antioksidan

Sawi sebagai sumber fitonutrien atau tanaman yang dibuat gizi dan antioksidan. Selain vitamin C dan A, miliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang disebut fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.

Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada beberapa sel dalam tubuh sehingga bisa membantu mencegah kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker paru-paru. Antioksidan sanggup membuat kulit sehat dan bersih bebas kerutan. Tersebut mengapa tubuh perlu banyak antioksidan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut