get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru, Cek Disini!

Begini Cara Merawat Motor Matic Agara Awet dan Terjaga Performanya

Senin, 05 September 2022 | 14:27 WIB
header img
Ilustrasi Motor matic (okezone.com)

BATU, iNews.id - Motor matic merupakan jenis sepeda motor yang bisa dikendarai secara otomatis tanpa harus melakukan pemindahan gigi (transmisi percepatan) secara manual. 

Jenis motor yang satu ini biasanya memiliki ruang kosong di antara kemudi dan juga pengendara. Ruang tersebut memungkinkan Anda untuk menapakkan kaki disana.

Agar motor matic yang dimiliki bisa lebih awet dan tidak murah rusak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti yang berikut ini .

1. Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Mengganti oli secara rutin sebaiknya dilakukan setiap 1000 sampai dengan 5000 km, tergantung pada jenis oli yang digunakan. Selain menggunakan acuan kilometer, Anda juga bisa menggunakan acuan bulan yaitu tiap 2 sampai 3 bulan sekali.

2. Cek Bagian Vent Belt dan Roller Motor

Bagian ini merupakan komponen sistem penggerak roda motor yang sama pentingnya dengan komponen yang lain. Vent belt merupakan komponen yang terbuat dari karet dan bisa saja putus hingga mengakibatkan motor tidak mau jalan. Sayangnya, kedua komponen ini rentan terkena kotoran sehingga harus diperhatikan kebersihannya agar tidak mudah rusak.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut