3. Ganti Oli Gardan Secara Rutin
Berbeda dengan motor manual dengan sistem penggerak roda pada umumnya, maka pada motor matic terdapat oli gardan. Oli gardan motor matic ini berfungsi sebagai pelumas sistem transmisi otomatis. Untuk penggantiannya biasanya 3 : 1 dengan penggantian oli mesin, yang artinya oli gardan ini baru diganti ketika oli mesin diganti sebanyak tiga kali.
4. Periksa Bagian sokbreker
Setiap jenis motor, termasuk motor matic dilengkapi dengan sepasang suspensi sokbreker depan dan belakang yang sebaiknya harus sering diperiksa. Disarankan untuk mengganti oli pada sokbreaker pada tiap 10.000 km. Apalagi jika keluar bunyi decitan, maka pergantian oli sebaiknya segera dilakukan.
5. Panasi Motor secara rutin
Ada baiknya untuk memanasi motor secara rutin di pagi hari sebelum digunakan. Selama maksimal 1 menit untuk motor injeksi dan lebih lama lagi untuk jenis motor karburator. Rutinitas yang satu ini dilakukan untuk menjaga performa motor agar tetap terjaga terutama sirkulasi oli, sehingga bisa digunakan untuk membantu mobilitas sehari-hari.
Editor : Bayu Pratama