get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Jarang Disadari, Inilah 9 Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Tinggi

Selasa, 20 September 2022 | 19:32 WIB
header img
Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Tinggi. (inews.id)

BATU, iNews.id - Diabetes adalah penyakit berbahaya yang disebabkan karena tingginya takaran gula di dalam tubuh. Penyakit diabetes terdiri menjadi 2 tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 ini dapat menyerang anak-anak atau remaja, dan diabetes tipe 2 dapat dialami seseorang yang berusia 45tahun keatas.

Kadar gula darah tinggi di dalam tubuh ini dapat dikarenakan oleh faktor keturunan, faktor usia, obesitas dan beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari. Orang yang terkena diabetes, umumnya mengalami gejala sering mengantuk, badan terasa lelah, pandangan kabur, luka susah sembuh, merasa kesemutan di kaki, dan sering merasa lapar.

Supaya terhindar dari penyakit diabetes, bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik yang mendukung kesehatan. Berikut beberapa kebiasaan buruk penyebab kadar gula tinggi yang perlu dihindari:

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang. Saat mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, dan kurang asupan gizi yang lain, karena itu perut akan terasa kenyang sementara. Karena itu, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang.

2. Sering Mengonsumsi Daging Merah

Daging merah ialah makanan yang mengandung protein tinggi dan berlemak. Bila kamu sering mengonsumsi daging merah, maka kadar gula darah akan tinggi dan rentan terkena diabetes. Sebaiknya, ganti protein hewani dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, dan lain-lain.

3. Makan Larut Malam

Hindari makan terlalu larut malam, karena makan larut malam dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Apalagi bila makan tengah malam dengan porsi yang besar dan langsung tidur setelah makan. Kebiasaan buruk ini bisa juga menyebabkan obesitas dan memicu diabetes.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut