Logo Network
Network

Inilah 5 Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Dean Ismail
.
Kamis, 22 September 2022 | 08:34 WIB
Inilah 5 Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami
Mengatasi Hidung Tersumbat. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hidung tersumbat dapat membuat sulit bernapas, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Dilansir dari Mount Sinai, hidung tersumbat terjadi saat jaringan yang melapisinya bengkak. Pembengkakan ini disebabkan karena pembuluh darah yang meradang. Oleh karena itu, lakukan cara mengatasi hidung tersumbat secara alami. 

Bukan hanya sulit bernapas, hidung tersumbat menyebabkan kepala terasa berat dan sinus bengkak. Beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hidung tersumbat yaitu common cold (batuk pilek), flu, dan infeksi sinus.

Hidung tersumbat umumnya akan membaik dengan sendriinya dalam waktu satu minggu. Dengan cara-cara berikut, tak perlu menunggu lama untuk melegakan hidung tersumbat.

Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

1. Hirup uap panas


Hidung Mampet. (Hidung Mampet)

Melansir Prevention, menghirup uap air panas sebagai cara tercepat untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Menghirup uap panas bisa mengencerkan dan membantu mengeluarkan lendir dari hidung. Cara ini dapat dilakukan dengan menuangkan air mendidih ke mangkuk besar.

Selanjutnya tutupi kepala dengan handuk sambil mencondongkan tubuh ke atas mangkuk dan hirup uapnya. Supaya hidung tersumbat cepat lega, lakukan ini tiga sampai 4x sehari.

2. Memijat hidung

Cara cepat melegakan hidung tersumbat yang lain dengan memijat hidung. Cara sederhana ini efektif merileksasikan hidung tersumbat. Lakukan pijatan dengan menggunakan jari telunjuk. Selanjutnya pijat bagian tepi hidung selama 30 menit.

Agar efeknya dapat segera dirasakan, cukup ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai hidung terasa lebih lega dan lendir mudah dikeluarkan.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini