get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Jangan Berlebihan, Inilah Bahaya Konsumsi Jeroan untuk Kesehatan

Rabu, 28 September 2022 | 14:32 WIB
header img
Ilustrasi bahaya makan jeroan untuk kesehatan (okezone.com)
  • Hemokromatosis

Orang yang menderita hemokromatosis atau penyakit kelebihan zat besi, mempunyai zat besi terlalu banyak dalam darahnya. Oleh karenanya, harus batasi makan jeroan yang memiliki kandungan banyak zat besi.

Hemokromatosis ialah keadaan yang mengakibatkan badan menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan. Kelebihan zat besi yang ada dalam organ badan manusia, termasuk hati, jantung, dan pankreas.

Kebanyakan zat besi pada tubuh bisa mengakibatkan keadaan yang mengancam jiwa seperti penyakit hati, masalah jantung, dan peningkatan kadar gula darah.

 

  • Beresiko Penyakit Sapi Gila

Penyakit sapi gila bisa menular ke manusia dengan makan jeroan. Ini ialah penyakit yang mempunyai nama sebagai bovine spongiform encephalopathy (BSE), keadaan yang bisa mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang sapi.

Penyakit sapi gila menular lewat protein (prion), yang ada di otak dan sumsum tulang belakang hewan yang terkontaminasi.

Ini mengakibatkan penyakit otak langka, yaitu varian baru penyakit Creutzfeldt-Jakob (vCJD). Ini ialah gangguan otak degeneratif yang menyebabkan demensia dan kematian.

Nah itulah beberapa bahay mengkonsumsi Jeroan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut