get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh, Menurut Sains

Kamis, 03 November 2022 | 15:24 WIB
header img
Manfaat Daun Pegagan. (okezone.com)

3. Daun pegagan bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres


Daun Pegagan. (okezone.com)

Studi tahun 2016 menemukan jika daun pegagan memiliki efek anti-kecemasan pada tikus jantan yang kurang tidur selama 72 jam.

Tikus yang diberi pegagan selama lima hari berturut-turut sebelum alami kurang tidur alami perilaku kecemasan yang berkurang secara berarti. Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

4. Daun pegagan bisa membantu mengobati penyakit Alzheimer

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori dan fungsi saraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer. Faktanya, satu study tahun 2012 pada tikus menemukan jika ekstrak pegagan memiliki efek positif pada kelainan perilaku pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

Ekstrak daun pegagan jugs memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ini bisa juga melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

Tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana pegagan bisa digunakan untuk mengobati Alzheimer.

5. Daun pegagan bisa membantu meringankan insomnia

Ingat kemampuannya untuk meredakan kecemasan, stres, dan depresi, daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati insomnia yang kadang menyertai kondisi ini.

Beberapa menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep yang digunakan untuk menyembuhkan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Sebenarnya, penelitian yang lebih tua tidak menunjukkan jika pegagan bisa membantu mengobati gangguan tidur, studi tambahan diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Itulah manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh sangat baik menurut sains. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut