get app
inews
Aa Read Next : 7 Penginapan Tepi Pantai Khas Indonesia Dengan Panorama Alam Bahari

7 Wisata di Pare Kediri Rekomendded, Wajib Dikunjungi!

Rabu, 23 November 2022 | 14:39 WIB
header img
Wisata Pare Kediri Rekomendded. (sindonews.com)

KEDIRI, iNewsBatu.id - Kabupaten kediri yang teletak di Provinsi Jawa Timur, sebagai salah satu kabupaten yang terkenal dengan oleh-oleh tahu nya yang enak dan khas. Selain kuliner yang sangat sedap dan enak, wisata di pare yang berada di Kabupaten Kediri juga menarik untuk dikunjungi.

Salah satu kecamatan di Kabupaten Kediri yang sangat terkenal, serta banyak orang tidak tahu jika kecamatan ini bagian dari Kabupaten kediri ialah Kecamatan Pare.

Iya benar, kalian tidak salah baca Kecamatan Pare. Pare yang terkenal dengan Kampung Inggrisnya. Kampung wisata salah satu edukasi yang cukup menjanjikan dan banyak dikunjungi orang dari berbagai wilayah bahkan luar negeri untuk belajar bahasa inggris di tempat ini.

Nah, selain kampung inggris kecamatan pare mempunyai berbagai wisata hitz yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisata yang sering dikunjungi oleh pelajar camp kampung inggris hanya untuk sekedar healing dan bermain sesaat.

Dari wisata bersejarah sampai tempat wisata air yang menyenangkan tidak terlalu jauh dari kampung inggris. Berikut adalah rekomendasi 7 wisata di Pare Kediri, yang wajib untuk dikunjungi.

7 Wisata di Pare Kediri Rekomendded

1. Masjid Agung Pare (Masjid An Nur)

Salah satu landmark wisata Pare Kediri, masjid agung Pare atau yang biasa dikenal juga dengan Masjid AN - Nur. Masjid ini berada di Jalan Matahari, No 2 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Masjid ini namanya diambil dari nama pejuang Islam terkenal di Pare, yaitu Kiai Nurwahid.

Memiliki pola arsitektur yang indah dan menarik menjadi salah satu daya tarik tertentu bagi masjid agung ini. Masjid An-Nur mempunyai konsep bangunan jawa yang klasik, dengan hiasan kolam pas di area plaza masjid.

Hal yang menjadikan menarik dari kolam mini adalah di waktu tertentu bisa melihat bayangan refleksi masjid secara utuh dari kolam ini. Konsep arsitektur yang begitu menarik mengantarkan masjid agung ini untuk mendapatkan penghargaan juara pertama sayembara internasional pada kategori perancangan arsitektural masjid.

2. Kampung Inggris

Yang pertama, tentu saja kampung inggris, kampung yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, harus sekali masuk di list wisata di pare kediri yang harus dikunjungi. Wisata ini menjadi edukasi salah satu ikon Kabupaten Kediri ini, cocok dikunjungi terutama untuk yang ingin belajar Bahasa inggris.

Di kampung inggris ini, kamu dapat menemui berbagai pilihan "campschool" yang menawarkan beraneka ragam paket belajar menginap. Mulai dari paket 2 minggu hingga 3 bulan untuk yang ingin tinggal dan belajar Bahasa inggris. Ada banyak macam pilihan camp yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Tak hanya anak sekolah, orang dewasa banyak ditemui di sini. Seperti kata pepatah "Belajar Tidak Mengenal Usia", banyak siswa siswi dewasa yang datang ke kampung inggris Pare Kediri untuk belajar Bahasa inggris.

 

3.


Ilustrasi Candi Tegowangi. (sindonews.com)

Satu kembali candi wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi saat berada di Pare Kediri, yaitu candi tegowangi. Candi ini berada di Desa Tegowangi Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Nama lain dari candi ini adalah Candi Sentul.

Candi ini memiliki luas yang lebih lebar dibandingkan dengan candi surowono yaitu, berukuran 11,2 x 11,2 m. Setiap sisi bawah candi telah dihiasi dengan raksasa (gana) yang duduk berjongkok, kedua tangan raksasa tersebut diangkat keatas seperti mendukung ada bangunan candi itu.

Disekililing candi ada relief cerita Sudalama, yang memiliki cerita tentang pensucian Dewi Durga dalambentuk jahat jadi Dewi Uma dalam bentuk baik oleh Sadewa.

Selain candi kamu bisa juga melihat beberapa koleksi arca di halaman candi ini. Arca-arca ini yaitu, arca Parwati Ardhenari, Garuda berbadan manusia, dan sisa-sisa candi.

4. Candi Surowono (Surawana)

Salah satu wisata edukasi lain yang bisa kamu kunjungi ialah Candi Surowono atau Surawana. Candi ini berada di Desa Canggu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Wisata Pare Kediri ini, menawarkan wisata edukasi bersejarah dengan pemandangan candi hindu yang menarik dan banyak menyimpan cerita. Meskipun ukuran candi ini tidak besar yaitu, hanya 8X8 m2, tetapi candi ini melukis narasi sejarah pada jamannya.

Relief-relief di bagian candi ini menceritakan berbagai kisah, yakni kisah-kisah Tantri, kisah Sri Tanjung, Arjunawiwaha, dan Gagak Aking. Kisah-kisah ini umumnya banyak ditemui pada candi-candi yang dibangun untuk peruwatan. Ritual ruatan merupakan tradisi jawa kuno yang memiliki tujuan untuk mengeluarkan sisi buruk dari jiwa manusia.

5. Wisata Air Gronjong Wariti

Setelah merasa puas menikmati wisata edukasi, mari beralih ke wisata air yang seru dan sayang jika dilewatkan yaitu wisata Air Gronjong Wariti. Wisata yang hitz di kediri ini harus banget jadi salah satu list wisata pare kediri kamu.   Terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, wisata ini sangat cocok untuk liburan Bersama keluarga.

Menawarkan berbagai wahana dan permainan seru menjadi daya tarik aktifitas tertentu di wisata ini. Berbagai opsi wahana mulai dari susur sungai naik perahu, keliling naik ATV, hinggal flying fox anak-anak ada ditempat ini. Selain menawarkan wahana yang wajib dicoba, tempat ini menyuguhkan berbagai spot spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

Nah itulah tujuh wisata di Pare Kediri recomendded yang wajib dikunjungi. Tak perlu ke luar negeri maupun luar pulau, di sekitar Jawa banyak tempat eksotis yang wajib dikunjungi loh guys! Semoga bermanfaat ya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut