get app
inews
Aa Read Next : 9 Deretan Tumbuhan Teraneh di Dunia yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

Minggu, 11 Desember 2022 | 18:52 WIB
header img
Cara Merawat Kaktus. (okezone.com)

Tumbuhan Kaktus. (okezone.com)

4. Cahaya Matahari

Tidak seluruh tipe kaktus merupakan tipe yang memerlukan cahaya matahari langsung. Sebab perbandingan tipe ini, cara merawat kaktus indoor serta outdoor pula berbeda, salah satunya merupakan dengan mencermati cahaya matahari yang mereka miliki.

Tipe kaktus yang hidup di luar ruangan memerlukan banyak cahaya matahari supaya senantiasa sehat. Tipe kaktus yang hidup dalam ruangan pula masih membutuhkan cahaya matahari.

Tetapi tidak secara langsung sebab bisa menimbulkan kaktus dibakar serta kilat mati. Supaya kaktus indoor senantiasa sehat, Kamu  bisa menaruhnya di dekat jendela, sehingga kaktus masih memperoleh cahaya yang lumayan tanpa wajib kepanasan.

Bila rumah Kamu  tidak banyak jendela, cahaya lampu yang cerah telah lumayan buat kaktus tipe ini. Kaktus hendaknya memperoleh cahaya matahari paling tidak 4- 6 jam dalam satu hari.

Bila Kamu  menyimpan kaktus di dalam rumah, jangan kurang ingat pula buat memutar pot secara berkala. Karena, kaktus cenderung berkembang ke arah datangnya cahaya matahari. Kamu  lumayan memutar sebanyak seperempat bundaran saja supaya kaktus memperoleh cahaya matahari yang menyeluruh.

5. Serbuan Hama Kaktus

Sayangnya, kaktus bukanlah kebal dari hama, paling utama pada tipe kaktus yang hidup di luar. Sebagian tipe hama yang bisa jadi mengusik kaktus serta bisa buatnya mati, misalnya:

Keong ataupun bekicot umumnya melanda tunas kaktus serta bisa menimbulkan kaktus mati Tungau, hama yang umumnya timbul kala masa kemarau serta menyusut di masa hujan

Kecoa tanah, biasanya muncul dari sisa tumbuhan busuk serta pupuk kompos, hama melanda pangkal kaktus Kutu batok serta kutu wol, mengisap cairan kaktus sehingga jadi layu serta mati

Cacing, hendak mengikis pangkal kaktus sehingga lama kelamaan kaktus hendak mati Tikus, suka dengan buah yang dihasilkan sebagian tipe kaktus serta mengikis batang kaktus yang tidak berduri

Cara merawat kaktus supaya bebas dari hama merupakan dengan melindungi area sekitarnya senantiasa bersih. Pakai media tanam yang steril, serta mensterilkan pangkal kaktus saat sebelum ditanam.

Bila hama terlanjur melanda, jalani pengendalian hama dengan menyemprotkan insektisida, mensterilkan pangkal kaktus, ataupun memindahkan kaktus ke media tanam yang bersih serta leluasa hama. 

Itulah cara merawat kaktus di rumah dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat guys!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut