get app
inews
Aa Read Next : 7 Cara Merawat Kulit agar Putih Secara Alami Bisa Dicoba

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Benar dan Efektif

Rabu, 28 Desember 2022 | 07:32 WIB
header img
Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Rumah. (inews.id)

BATU, iNewsBatu.id - Memiliki kulit wajah yang sehat tentu merupakan impian setiap orang. Tidak hanya perempuan saja, laki-laki juga sangat menginginkannya. Tenang, ada tips menjaga kesehatan kulit wajah dengan benar dan efektif yang bisa dicoba

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Kakak lakukan di rumah, tanpa membutuhkan biaya yang besar. Mantapnya, cara-cara yang akan Fida jelaskan ini sudah terbukti secara medis dan sangat dianjurkan oleh para pakar kecantikan.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Rumah

Perlu dipahami, ada banyak sekali faktor yang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan wajah Kakak. Di antaranya adalah perubahan usia, kelainan medis, lingkungan, dan bahkan keturunan.

Berbeda kondisi, tentu akan berbeda juga cara perawatannya. Namun, secara umum Kakak bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Gunakan Sabun Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara pertama yang bisa Kakak lakukan adalah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang bisa Kakak temukan di berbagai supermarket di seluruh Indonesia. Namun, tidak sembarangan sabun bisa Kakak pilih. Pastikan untuk memilih sabun yang pas dengan jenis kulit Kakak.

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali jenis kulit wajah yang bisa kita temukan saat ini dari mulai yang berminyak, kulit berjerawat, kulit kering, kulit sensitif, hingga kelainan lain yang sifatnya kombinasi. Kakak hanya perlu memilih sabun yang sesuai dengan kondisi Kakak tersebut.

2. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Tips lain yang bisa Kakak lakukan adalah dengan membersihkan seluruh permukaan wajah tersebut secara rutin. Jangan malas untuk melakukannya. Selain menjaga kulit wajah tetap sehat, mencuci wajah secara rutin juga bisa memberikan kulit wajah yang jauh lebih cerah.

Sederhananya, Kakak bisa melakukan pembersihan wajah dua kali sehari. Namun, kondisinya berbeda jika Kakak memang sering berada di luar ruangan atau sering berkendara dalam kondisi terbuka. Namun, yang paling utama adalah pada saat Kakak bangun tidur dan hendak tidur.


Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Rumah. (okezone.com)

3. Bersihkan Wajah dengan Cara yang Benar

Tips menjaga kesehatan kulit wajah lainnya adalah dengan membersihkannya dengan cara yang benar. Ada banyak orang yang rajin mencuci wajah mereka, namun ternyata cara yang dilakukan itu salah dan tidak sesuai dengan anjuran yang sudah diberikan oleh dokter.

Saran, awali pembersihan wajah dengan menggunakan air hangat. Basahi wajah secara perlahan sampai merata, kemudian gunakan sabun wajah yang sudah Kakak pilih. Gosok perlahan hingga mengeluarkan sabun, lalu lakukan pijatan perlahan di seluruh permukaan waja. Bilas dengan air setelahnya.

4. Gunakan Pelembab Wajah

Cara lain yang tidak kalah penting untuk Kakak lakukan adalah menggunakan pelembab pada seluruh permukaan wajah. Ini merupakan salah satu langkah krusial yang bisa Kakak lakukan untuk membersihkan wajah secara sempurna.

Saat ini ada banyak sekali jenis pelembab yang bisa Kakak pilih sesuai dengan kondisi kulit. Lakukan hal ini setelah Kakak mencuci muka hingga bersih. Penggunaan pelembab bisa membuat kulit  tetap segar sepanjang waktu dan menghindarkannya dari inflamasi akibat paparan radikal bebas.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Rajin Minum Air Putih

Tips menjaga kesehatan kulit wajah selanjutnya adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat secara rutin. Tidak lupa, pastikan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak di setiap harinya. Hal ini akan menghindarkan kulit dari dehidrasi dan membuatnya tetap sehat.

Agar hasilnya lebih memuaskan, Kakak juga bisa berkonsultasi kepada dokter ahli untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada wajah. Tentunya keberadaan dokter bisa membantu Kakak untuk melakukan tindakan preventif dari resiko-resiko tersebut.

Itulah tips menjaga kesehatan kulit wajah dengan benar dan efektif yang bisa dicoba. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut