get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

6 Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam Berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:39 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Semua umat muslim pasti setuju kalau Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat mulia dengan segala kelebihan dan mukjizatnya. Cara hidup Rasulullah adalah pedoman yang wajib diikuti sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam

Sejauh ini ada 5 cara menjaga kesehatan yang baik menurut Islam dan sesuai dengan kebiasaan dari Rasulullah SAW lho, Kak. Sudah tentu kebiasaan-kebiasaan ini tidak sulit untuk Kakak lakukan mengingat Rasulullah SAW ada sosok yang sangat sederhana dalam kesehariannya.

1. Mengatur Pola Makan

Di dalam kehidupannya, Rasulullah SAW senantiasa mengatur pola makan dengan baik. Beliau senantiasa makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Konsumsi makanan berlebih memang berdampak besar terhadap kesehatan tubuh. Bisa jadi kakak akan merasa mual dan muntah jika makan berlebih.

Rasulullah juga selalu berhenti makan sebelum kenyang ya, Kak. Dari sudut pandang medis sendiri, menjaga konsumsi makanan ini berdampak baik terhadap siklus pencernaan tubuh Kakak. Jangan pula makan hingga kenyang karena Rasulullah SAW sangat menghindarinya.

2. Menghindari Makanan Haram

Cara menjaga kesehatan lain yang biasa Rasulullah lakukan adalah menghindarkan diri dari berbagai jenis makanan haram. Di dalam Islam memang ada berbagai jenis makanan haram yang mutlak Kakak hindari. Hal ini sudah diatur dengan jelas dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 3.

3. Tidak Minum Khamr

Cara menjaga kesehatan lain yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah  menghindari Khamr dan berbagai jenis hal memabukkan lainnya. Selain dilarang langsung dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 90-91, konsumsi khamr ini memang berdampak sangat buruk terhadap organ vital Kakak.

Jika dikonsumsi secara terus menerus, barang memabukkan seperti ini bahkan bisa merusak organ itu sendiri dan membuat fungsinya tidak maksimal lagi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut