Lakukan 5 Tips Agar Suhu Mesin Mobil Tidak Overheat

bayu pratama
Tips Agar Suhu Mesin Mobil Tidak Overheat. (inews.id)

BATU, iNews.id - Tidak dapat dipungkiri, semua komponen mobil yang bergerak dan saling bergesek, akan membuat kinerjanya terus tergerus. Ini dapat berakibat pada suhu mesin. Dibutuhkan beberapa cara khusus atau tips suhu mesin mobil selalu stabil dan tidak panas secara berlebihan.

Lalu, bagaimana cara jaga supaya suhu mesin mobil tetap stabil, dan tidak panas secara berlebihan? Beberapa hal berikut harus kamu lakukan pada mobil.

1. Cek radiator

Memeriksa kondisi radiator mobil ialah hal yang harus dilakukan, termasuk sistem pendinginnya. Periksa apa beberapa bagian radiator tidak mengalami kerusakan.

Semisalnya, dari kondisi upper tank dan lower tank yang bisa saja mulai rengat karena termakan umur. Atau, bahkan, kamu perlu waspada bila upper atau lower tank itu dibuat dari plastik dan dapat pecah, karena telah menempuh jarak tertentu.

Disamping itu, pastikan kondisi tutup sampai kipas radiator memang benar-benar berfungsi dengan baik.

2. Volume oli

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah mengecek volume oli mesin. Kamu dapat menggunakan stik oli untuk mengukurnya.

Tidak hanya oli mesin, oli pada bagian lain mobil juga harus diperiksa, Mulai dari oli transmisi, sampai oli gardan tentu saja harus diperhatikan supaya suhu mesin mobil tidak panas secara berlebihan.

3. Pengaruh V-Belt

Janganlah lupa juga untuk memeriksa kondisi V- Belt karena sangat berpengaruh pada gerakan kipas radiator. Bila fungsinya tidak bekerja dengan baik dan memengaruhi kipas radiator, tentu saja akan memicu terjadinya suhu mobil yang panas, bahkan juga dapat terbakar.

Oleh karena itu, cek selalu kondisi V-Belt pada mobil. Apakah masih pantas digunakan atau tidak. Bila mengalami kerusakan, segera perbaik atau bahkan juga diganti sama yang baru dan sesuai dengan jenis mobilnya supaya tidak memicu munculnya panas yang berlebihan pada mobil.

4. Panaskan mesin

Satu kebiasaan sederhana, yakni dengan memanaskan mesin mobil pada pagi mampu mencegah terjadinya suhu panas yang berlebih pada mesin. Ini sebenarnya menjadi satu "rangsangan" untuk mesin sebelum bekerja penuh untuk dikemudikan dalam jangka waktu yang lama.

5. Waktu yang tepat untuk cuci mobil

Satu kembali, kebiasaan yang sering membuat mesin mobil menjadi panas ialah karena langsung mencuci mobil saat suhunya sedang tinggi.

Tak jarang, beberapa pemilik mobil sering melakukan ini, sehingga berakibat pada kerusakan mesin sekaligus menjadi pemicu suhu mesin menjadi panas.

Oleh karena itu, tunggu saat yang tepat untuk membersihkan atau mencuci mobil saat selesai digunakan. Waktu 30 sampai 60 menit sudah cukup untuk membuat suhu mesin menjadi lebih sejuk dan dingin. Dari sini kemudian kamu dapat mencucinya.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network