get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Yang Baik Dan Benar

Tips Menjaga Diri dari Tindakan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Selasa, 09 Agustus 2022 | 08:41 WIB
header img
Ilustrasi tindakan kekerasaan seksual. (inews.id)

BATU, iNews.id - Kasus pelecehan seksual seakan tidakan akan ada habisnya. Hampir setiap hari kita dapat mendengarkan kasus itu beredar di media sosial atau melalui surat kabar. 

Akhir-akhir ini, tindakan kekerasan dan pelecehan seksual pada perempuan sering terjadi di sekitar kita. Sudah beberapa pihak yang mulai berani untuk speak up terkait ini melalui media sosial pribadinya.

Sebagai wanita kita harus selalu waspada, terlebih lagi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual seringkali terjadi di tempat umum. Bahkan juga pelaku tindakan kekerasan dan pelecehan seksual bisa memanfaatkan keadaan dan kelemahan seseorang, sehingga dia menggunakan kelemahan korban untuk melakukan apa yang diinginkan.

Oleh karena itu, tindakan ini bisa dicegah dengan memperkuat hak asasi manusia dan bisa dilakukan dengan beberapa cara untuk mencegah tindakan kekerasan dan pelecehan seksual. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Menghubungi Pihak Berwajib

Jika kamu sedang mengalami atau kamu mendengar bukti ada kekerasan dan pelecehan seksual, sebaiknya kamu segera hubungi pihak berwajib. Dengan ini, kamu bisa menyelamatkan diri dari kekerasan perempuan. Disamping itu, hal ini dilakukan supaya pelaku memperoleh sanksi dan mendapatkan hukuman yang setara dengan yang dilakukannya ke korban.

2. Berani Bersikap Tegas

Kekerasan dan pelecehan seksual sering terjadi di tempat umum, sehingga kamu agar lebih waspada dan berjaga-jaga. Bila ini terjadi kepadamu saat kamu sedang menggunakan transportasi umum, yang mana ini sangat rawan terjadi, segeralah untuk menegur orangnya supaya dia merasa dipermalukan dan pelaku tidak berani melakukan hal tersebut kembali.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut