get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kaya Akan Nutrisi, Inilah Manfaat Konsumsi Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh 

Selasa, 06 September 2022 | 15:13 WIB
header img
Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh. (inews.id)

BATU, iNews.id - Tomat yang mengandung senyawa likopen memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa ini juga yang membuat tomat warna merah atau orange cerah.

Kandungan likopen dalam tomat ini lebih tinggi daripada sayuran yang lain. Satu tomat ukuran sedang mengandung sekitar 2-3 gram likopen.

Konsumsi tomat setiap hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan tidak terduga. Berikut dilansir dari Bright Side, efek likopen dan sifat-sifatnya dalam mempengaruhi tubuh manusia.

1. Melindungi kulit

Menurut penelitian, tomat bisa membantu dalam perlindungan pada sinar UV yang beresiko dan menurunkan resiko terbakar sinar matahari. Beberapa peneliti percaya jika ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang disebut komponen likopen.

Tetapi, beberapa ilmuwan menunjukkan jika kita tidak dapat mengganti tabir surya cukup dengan mengonsumsi tomat. Selainnya manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan jika tomat mempunyai sifat antipenuaan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Likopen ialah antioksidan yang bisa melindungi beberapa sel pada tubuh Anda dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan jika orang yang mengonsumsi likopen mempunyai resiko lebih rendah menderita penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Likopen dapat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Akibatnya, peluang Anda terkena penyakit jantung bisa juga berkurang. Disamping itu, tomat kaya vitamin dan gizi lain, seperti vitamin B, E, dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda.

3. Meningkatkan penglihatan

Selainnya likopen, tomat mengandung beberapa gizi lain, seperti lutein dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Penelitian menunjukkan jika nutrisi ini melindungi mata dari penyakit, seperti katarak, sekalian mendukung kesehatan pandangan Anda secara keseluruhan.

Tomat mengandung zat, terutamanya zeaxanthin dan lutein yang berguna dalam melindungi penglihatan Anda dari sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat digital, seperti handphone.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut