get app
inews
Aa
Read Next : 6 Cara Matikan Mesin Mobil Dengan Mudah dan Benar

Tips Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet dan Kinclong

Kamis, 08 September 2022 | 12:32 WIB
header img
Ilustrasi Mesin Mobil. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Mesin mobil kotor? Ini tidak seharusnya dibiarkan. Karena mesin yang kotor adalah penyebab masalah pada mesin mobil. Membersihkan mesin mobil jangan dikerjakan dengan sembarangan. Sebelum kamu mulai melakukannya, adalah lebih baik kamu melakukan penelitian, apa yang kamu butuhkan dan yang perlu kamu lakukan.

Kamu tidak harus pandai dalam hal tentang mesin mobil untuk dapat membersihkan, kamu cuma harus paham beberapa bagian mesin yang perlu dibersihkan. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang fatal yang mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil kamu.

Mesin mobil yang bersih akan menambah performa kendaraan kamu juga. Ingin tahu dengan membersihkan mesin mobil supaya awet dan tahan lama? Simak infonya di sini.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Tanpa ke Detailing

Pada umumnya, membersihkan mesin mobil jenis kendaraan apa saja adalah sama. Baik itu mobil matic, mobil tua, mobil manual atau mobil eropa.

Kotoran-kotoran pada mesin mobil bisa menyebabkan karat pada komponen mesin yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin di saat dikendarai. Membersihkan mesin ialah tindakan pencegahan kerusakan supaya pengeluaran tidak membengkak.

Membersihkan mesin pasti berbeda dengan kamu membersihkan body atau interior mobil. Baik caranya dan peralatan yang dibutuhkan. Ada beberapa komponen kelistrikan yang sama-sama bersinergi pada mesin agar kendaraan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kamu harus berhati-hati, jangan sampai membuat kamu kesetrum atau terjadi korsleting. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat kamu membersihkan mesin mobil tak perlu ke detailing adalah:

1. Parkir kendaraan di lokasi yang tidak terkena matahari langsung

Pilih lokasi yang teduh, karena ada komponen atau sisi yang dibuat dari karet pada mesin mobil yang bisa memuai dan rapuh karena panas. Ini segera dapat berpengaruh pada kinerja mesin kamu nanti. Tapi kamu harus pastikan jika kamu mendapat cukup cahaya untuk memudahkan dalam proses pembersihan mesin mobil.

2. Panaskan mesin mobil sebelum dibersihkan

Memanaskan mesin mobil selama kurang lebih 15 menit yang lalu diamkan sebentar. Karena mesin panas langsung dibersihkan bisa saja membuat mesin rusak. Tunggu sampai dingin, baru kamu mulai bisa membersihkan mesin mobilmu. Agar kamu mudah membersihkan kotoran yang membandel pada mesin. Kotoran pada mesin yang dingin lebih sulit dibersihkan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut