get app
inews
Aa Read Next : 3 Dampak Samping Beresiko Akibat Gunakan Kutek Gel yang Jarang Diketahui

Perlu Diketahui, 7 Cara Mengatasi Wajah Kering Dengan Benar dan Tepat

Kamis, 15 September 2022 | 09:28 WIB
header img
Cara Mengatasi Kulit Kering. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Terlepas dari estetika penampilan, mempunyai kulit wajah kering dapat memicu gangguan kondisi lain. Dermatitis atopik (eksim) dan infeksi yang diakibatkan kulit kering pecah ialah komplikasi yang bisa saja terjadi karena kulit kering.

Tersebut sebabnya, keadaan kulit kering perlu dirawat, agar tidak hanya halus dan berseri, tetapi sehat. Bila kondisi kulit mengelupas, memerah, bersisik, dan gatal, itu tandanya jenis kulitmu termasuk kering. Simak selengkapnya bagaimana mengatasi masalah kulit muka kering di sini!

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah yang kering dapat disebabkan karena hormonal, faktor usia, cahaya matahari, radikal bebas, dan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik. Coba lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi masalah kulit wajah kering sehingga terjaga kelembapannya:

1. Gunakan Sabun Khusus Pembersih Wajah

Perawatan kulit wajah paling mendasar yang perlu kamu lakukan dengan membersihkannya minimal 2x satu hari. Tetapi, jangan gunakan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena kadar pH yang terdapat di dalam sabun mandi kurang cocok untuk kulit wajah . Jadi, pastikanlah kamu membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah yang khusus untuk kulit kering.

2. Cuci Muka dengan Air Dingin

Sebaiknya hindari sering-sering mencuci wajah dengan memakai air hangat, karena air hangat bisa menghilangkan kelembapan alami pada kulit wajah, sehingga membuat kulitmu yang kering semakin parah.

Kamu disarankan untuk menggunakan air hangat saat sedang membersihkan komedo atau wajah yang berjerawat. Kamu sebaiknya tak perlu mandi air hangat terlalu lama.

3. Memakai Pelembap

Gunakan pelembap setiap habis membersihkan wajah. Sama seperti sabun pembersih wajah, kamu sebaiknya memilih pelembap yang khusus untuk kulit kering dan kusam, karena umumnya ada formula khusus untuk kondisi kulit kering.

Usahakan untuk mencari pelembap yang paling ringan dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Mencari informasi sebelum beli produk juga penting, untuk menghindari munculnya efek yang tidak diinginkan di wajah.

4. Penuhi Nutrisi untuk Kulit

Penuhi gizi yang dibutuhkan oleh kulit dengan mengonsumsi makanan sehat mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kurangi daging-dagingan, lalu makanan junk food, dan konsumsi makanan pedas yang terlalu sering.

5. Pentingnya Menggunakan Cream Malam

Regenerasi kulit atau pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru terjadi pada malam hari. Karenanya, kamu yang mempunyai kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan cream malam yang bisa membantu proses regenerasi kulit. Jangan lupa selalu untuk mengecek dulu kandungan bahannya sebelum memilih cream malam yang tepat.

6. Lakukan Perawatan dengan Bahan-Bahan Alami

Kamu bisa juga mencoba menggunakan beberapa bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan madu untuk mengatasi kulit wajah kering. Oleskan minyak zaitun dan minyak jojoba di wajah dan pijat halus dengan gerakan melingkar, sampai minyak meresap ke kulit, lalu bersihkan.

Dalam pada itu untuk bahan madu, kamu dapat mengoleskan pada bagian kulit wajah yang kering, lalu diamkan selama 10 menit, selanjutnya bersihkan.

7. Jangan Lupa Minum Air Putih

Orang sering menyepelekan kebutuhan air putih harian, padahal, konsumsi air putih adalah cara menghidrasi kulit wajah. Mempunyai kulit wajah yang halus, sehat dan berseri ialah hal yang diinginkan semua wanita.

Tetapi, pekerjaan yang mengharuskan kamu berlama-lama ada di bawah sinar matahari, radikal bebas, atau kandungan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut