get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Kurma bagi Kesehatan, Mencegah Kadar Gula Darah!

Tips Memilih Jodoh Menurut Tradisi Jawa, Benarkah Dia Jodohmu?

Rabu, 05 Oktober 2022 | 13:21 WIB
header img
Tips Memilih Jodoh Menurut Tradisi Jawa. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Langkah awal memilih jodoh menurut tradisi Jawa sangat penting dilakukan. Dalam primbon jawa perjodohan dilakukan untuk menemukan pasangan hidup sesuai dengan bibit, bebet, bobot.

Tips memilih jodoh yang didasarkan pada tradisi Jawa ini mempunyai ciri khas tertentu. Diketahui, hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki caranya tertentu dalam menghadapi perjodohan.

Indonesia sebagai negara multikultural memiliki budaya yang lain di setiap daerah. Tidak hanya budaya perkawinan saja, dalam mencari jodoh juga mempunyai tips yang diajarkan di beberapa suku. Misalnya saja tips mencari jodoh dalam masyarakat Jawa yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan beberapa daerah di Jawa Timur.

Dilansir dari jurnal bertajuk Pemilihan Pasangan Pernikahan Berdasarkan Weton, Kualifikasi yang terkandung dalam bibit, bebet atau bobot dijadikan sebagai tolak ukur kesetaraan dalam tentukan pasangan berdasarkan pertimbangan pihak keluarga dan calon mempelai.

Meskipun dalam praktiknya tidak semua warga Jawa menerapkan ini, tetapi kriteria ini bisa memberikan gambaran yang lugas jika memilih calon pasangan nanti.

Tips Memilih Jodoh Menurut Adat Jawa,

Berikut filosofi dari pemilihan pasangan menurut tradisi Jawa yang terdiri dari bibit, bebet dan bobot:

1. Bibit

Bibit sebagai latar belakang seorang pasangan, seperti dari keluarga seperti apa ia berasal atau pergaulan seperti apa yang telah ia jalani. Karena secara tidak langsung hal tersebut membuat kepribadian seseorang.

Tentunya kebanyakan orang Jawa menginginkan seorang yang berasal dari keluarga baik baik dan mempunyai pergaulan yang baik juga.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut