get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Agar Kulit Putih Berseri Dengan Masker Secara Alami

6 Cara Perawatan Kulit Kering Berjerawat yang Tepat dan Alami

Jum'at, 16 Desember 2022 | 19:46 WIB
header img
Cara Perawatan Kulit Kering Berjerawat. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Banyak orang berpikir, kalau jerawat lebih rentan muncul ketika kulit wajah berminyak. Padahal pemilik kulit kering juga bisa mengalaminya, bahkan akan lebih menyiksa. Makanya diperlukan perawatan kulit kering berjerawat yang tepat agar kulit tidak makin bermasalah. Untuk itu lakukan cara perawatan kulit kering berjerawat yang tepat dan alami.

Kulit kering memiliki ciri yang mudah diidentifikasi di antaranya terlihat bersisik, pucat, kusam, dan kasar. Ketika tidak dibersihkan dengan tepat, pori-pori kulit tetap akan menjadi tempat subur bagi kuman dan kotoran penyebab jerawat.

6 Cara Perawatan Kulit Kering Berjerawat

Merawat kulit kering yang sedang berjerawat, memang bukan hal mudah. Harus dilakukan dengan ekstra hati-hati agar kulit tidak jadi lebih kering dan jerawat bisa cepat hilang. Enam cara ini bisa Kakak coba:

1. Obat Jerawat Kulit Kering

Jangan asal memilih obat jerawat, pastikan kandungannya tepat untuk kulit kering Kakak. Jangan pakai obat yang memiliki pewangi, gel yang cepat kering, atau larutan astringen. Selain itu, usahakan untuk konsultasikan dengan dokter kulit sebelum membelinya.

Dokter pastinya mengetahui apa obat yang tepat, setelah melihat kondisi kulit Kakak. Jadi, penggunaan obat akan lebih maksimal dan hasilnya benar-benar mengembalikan kondisi wajah yang bebas dari jerawat.

Jangan lupa untuk menggunakannya sesuai dengan aturan pakai. Jika berlebihan karena ingin cepat sembuh dari jerawat, tentu efeknya akan sangat terlihat pada kulit yang akan lebih mudah kering dan iritasi.

2. Penyesuaian dan Sabar

Setiap obat akan memberikan efek bagi kulit saat digunakan, apalagi untuk perawatan kulit kering berjerawat yang fungsinya adalah menyembuhkan jerawat.

Akan ada proses pengelupasan yang tentunya membuat kurang percaya diri. Biasanya, perlu waktu sekitar seminggu hingga dua minggu untuk kembali membaik.

Selama proses tersebut, bersabar adalah cara terbaik daripada tiap sebentar memegang wajah atau memencet jerawat. Jika Kakak melakukannya, itu hanya akan membuat proses penyembuhan jadi lebih lama dan menyiksa.

3. Pakai Pelembab

Gunakanlah pelembab yang mengandung ekstra pelembab dan cocok untuk kulit kering. Pastikan tidak mengandung minyak, tidak menimbulkan komedo, dan tidak memicu timbulnya jerawat baru.

Biasanya akan ada tulisan non comedogenic dan non acnegenic, yang akan lebih aman pada kulit Anda.  Untuk menggunakannya, lebih baik setelah Kakak membersihkan wajah pakai air bersih. Sehingga air yang meresap akan membantu optimalisasi kinerja pelembab.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut